Dirjen Dukcapil Kemendagri Apresiasi Kinerja Pemkot Kendari

waktu baca 2 menit
Rabu, 19 Nov 2025 18:28 620 Admin HS

HALUANSULTRA.ID – Sekretaris Daerah Kota Kendari menerima kunjungan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Dra. Hj. Erliani Budi Lestari, Selasa (18/11/2025).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) layanan administrasi kependudukan serta peninjauan progres program strategis nasional di daerah.

Dalam kunjungannya, Dirjen Erliani, memberikan perhatian khusus pada dua aspek utama, yaitu monev pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Dinas Dukcapil dan monev Koperasi Merah Putih yang menjadi program prioritas Kemendagri.

Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum untuk melihat langsung kinerja Kota Kendari, dalam mendukung program pelayanan publik berbasis digital dan inklusif. Dirjen menyampaikan bahwa, peninjauan terhadap Koperasi Merah Putih yang dilakukan di tingkat provinsi menunjukkan hasil yang masih perlu didorong.

Menurutnya, sebagian besar kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara masih memiliki pencapaian yang relatif rendah dalam implementasi program tersebut. Terdapat satu daerah yang dinilai menonjol dengan progres signifikan, yakni Kota Kendari.

Ia secara terbuka menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Kota Kendari, khususnya kepada Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Syarifuddin, atas kinerja yang dinilai sangat baik dalam mendorong capaian Koperasi Merah Putih di wilayahnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan Monev di Dinas Dukcapil Kota Kendari, Dirjen Erliani mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi karena layanan adminduk di kota ini menunjukkan kinerja yang memenuhi bahkan melampaui ekspektasi pusat.

Dirjen juga menyoroti peningkatan signifikan dalam hal kemudahan layanan. Menurutnya, masyarakat Kota Kendari kini dapat merasakan pelayanan adminduk yang lebih cepat, praktis, dan responsif.

Fasilitas pelayanan publik yang representatif juga menjadi perhatian positif. Erliani menilai ruang pelayanan di Dinas Dukcapil sudah sangat layak dan mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi. (Hms)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

    LAINNYA
    x