November, Call Center 112 Kendari Terima 3.218 Panggilan, Gangguan PLN Terbanyak

waktu baca 2 menit
Selasa, 2 Des 2025 20:42 600 Admin HS

HALUANSULTRA.ID – Sebanyak 3.218 panggilan masuk diterima layanan darurat Call Center 112 Kota Kendari sepanjang November 2025. Data resmi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari ini, menunjukkan peningkatan kualitas layanan sekaligus tingginya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan layanan darurat.

Dari total panggilan tersebut, 2.527 di antaranya merupakan panggilan valid, sementara 691 sisanya tercatat sebagai panggilan tidak valid atau ghost call.

Secara persentase, tingkat panggilan valid mencapai 79 persen, angka yang disebut sebagai capaian positif oleh Dinas Kominfo.

Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari, Sahuriyanto Meronda, mengapresiasi kerja petugas 112 yang terus siaga selama 24 jam. Ia mengatakan bahwa peningkatan laporan valid menunjukkan semakin banyak warga yang memanfaatkan kanal darurat ini secara tepat.

Menurutnya, Call Center 112 semakin dipercaya masyarakat. Data bulan November memperlihatkan bahwa laporan valid mendominasi, ini menandakan kesadaran warga terhadap layanan darurat semakin baik.

“Namun kami tetap mengimbau agar masyarakat tidak melakukan prank call karena sangat mengganggu penanganan laporan yang sifatnya mendesak,” ujarnya.

Dari hasil rekapitulasi, sebanyak 118 tiket laporan dibuat oleh petugas call taker. Jenis kejadian yang paling sering dilaporkan adalah gangguan PLN dengan 27 laporan.

Kemudian, dilanjutkan permintaan penebangan pohon sebanyak 22 laporan, serta perbaikan lampu penerangan jalan umum (LPJU) sebanyak 15 laporan. Laporan lainnya meliputi gangguan ketertiban warga, tawuran, hingga pohon tumbang.

Respons instansi terkait juga menjadi sorotan dalam laporan bulanan ini. PLN menindaklanjuti seluruh laporan gangguan listrik yang masuk. DLHK menyelesaikan 14 dari 24 laporan penanganan pohon.

Sementara Dinas Perhubungan menyelesaikan 9 dari 18 laporan perbaikan LPJU. Instansi lain seperti BPBD, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan turut melakukan penanganan sesuai jenis laporan yang masuk. (Hms)

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

    LAINNYA
    x