2 Mantan Walikota Kendari Bebas Maret : Asrun Keluar dari Lapas Kendari, ADP Rutan Konawe

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Dua mantan Wali Kota Kendari, Asrun dan Adriatma Dwi Putra (ADP) akan menghirup udara segar Maret 2022. Kedua narapidana kasus korupsi tersebut bakal bebas murni dari rumah tahanan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendari, Abdul Samad Dama mengatakan, waktu bebas kedua mantan Wali Kota Asrun dan ADP bulan Maret tahun ini. Hanya saja hari dan tanggalnya belum bisa dipastikan.

“Masa pidana telah habis, meski keduanya berada di lokasi tahanan berbeda, Pak Asrun di Lapas Kelas IIA Kendari. Sementara ADP berada di Rutan Kelas IIB Konawe tetapi mereka akan bebas secara bersama. Merujuk dari kasus dan semenjak awal penahannya,”ujar Abdul Samad Dama, Kamis (3/2/2022).

Diketahui Mantan Wali Kota Kendari Asrun dan ADP tersandung kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) dalam delik penerimaan suap dengan total Rp6,8 miliar, setelah dioperasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2018.

Saat itu Asrun sebagai calon gubernur (Cagub) Sulawesi Tenggara (Sultra), sementara ADP sebagai Wali Kota Kendari yang baru empat bulan berjalan setelah dilantik. Keduanya divonis oleh majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta masing-masing penjara 5 tahun 6 bulan dan pidana denda sebesar Rp250 juta subsider 3 bulan kurungan.

Namun anak Asrun dan (ADP) mengajukan peninjauan kembali (PK) atas putusan tersebut. Alhasil majelis hakim mengabulkan dengan putusan 4 tahun penjara, denda pidana Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan. Selain hukuman penjara atas perbuatan melawan hukum, keduanya juga diganjar dengan pencabutan hak politik selama dua tahun setelah bebas dari masa tahanan.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan