Pengemis dan Anjal Marak di Lampu Merah, Dinsos Kendari : Kami Sedang Berusaha Keras

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Menangani masalah pengemis dan anak jalanan yang banyak ditemui di persimpangan jalan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari perkuat koordinasi dengan OPD dan pihak terkait.
Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf, aktivitas para pengemis dan anjal terus meningkat, tidak kunjung berkurang. Untuk itu, sangat diperlukan penanganan yang serius.

“Kami sebenarnya dari dinas sosial setiap akhir pekan, setiap bulan itu kita melakukan edukasi dan pembinaan. Memang persoalan anak jalan ini tidak mudah, karena ini harus melibatkan banyak pihak bukan hanya dari Dinas Sosial,” katanya Selasa (12/7/2022).

Untuk menangani hal tersebut, kata Rauf, salah satu inovasi yang dilakukan adalah menghadirkan multi layanan atau prinsip multifungsi layanan. Dimana hal ini dapat merespon ragam permasalahan sosial yang membutuhkan penanganan cepat dan serius.

“Tapi sementara ini kami sedang berusaha keras melalui Kemensos pusat. Insyallah nanti kami melakukan MoU dengan loka meohai, yang sudah memiliki sarana yang memadai yang nantinya bisa digunakan untuk penampungan,” tuturnya.

Selain itu juga, untuk menciptakan tatalaksana rehabilitasi sosial yang baik saat ini Pemkot Kendari sudah membangun kerjasama langsung dengan Kementerian Sosial dan Loka Meohai. “Memang kalau kita lihat untuk mengharapkan sepenuhnya ke pemerintah daerah agak berat. Karena butuh pembiayaan yang cukup besar, tapi kita rencanakan pelayanannya terpadu,” pungkasnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan