Kontingen Sultra Meriahkan Opening Ceremony POPNAS ke XVI Palembang

HALUANSULTRA.ID – Atlet, Pelatih dan Official Kontingen Sulawesi Tenggara (Sultra), ikut memeriahkan malam Opening Ceremony Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke XVI di Palembang Sport and Convention Centre (PSCC), Minggu (27/8/2023). Event bergengsi yang mengusung tema berprestasi untuk negeri ini, dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, didampingi Gubernur Sumsel, Herman Deru, di Palembang Sport and Convention Center.

Popnas XVI tahun 2023 Sumsel ini diikuti setidaknya 10 ribu pegiat olahraga dari kalangan pelajar yang terdiri dari official cabor dan official kontingen dari 34 provinsi. Popnas XVI akan berlangsung 26 Agustus – 4 Agustus 2023, mempertandingkan 22 Cabor dan 335 nomor pertandingan. Sultra sendiri, mengikuti 12 cabang olahraga dengan jumlah 101 kontingen terdiri dari 71 atlet, 19 pelatih dan 11 official.

Ketua Kontingen Sultra, yang juga menjabat sebagai Plt Kadispora, H. Trio Prasetio Prahasto, mengungkapkan atlet devile Sultra mengenakan kostum training biru. Satu persatu kontingen dipanggil oleh panitia, termasuk pengumunan jumlah peserta dan cabor yang diikuti. “Sangat luar biasa pembukaan. Panitia penyelenggara mempersiapkan pembukaan POPNAS XVI dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Kata Trio, Popnas menjadi ajang evaluasi hasil pembinaan prestasi olahraga pelajar tingkat nasional, juga bertujuan memotivasi dan mengoptimalkan pembangunan potensi atlet pelajar dan sebagai wahana seleksi pelajar, yang disiapkan untuk menghadapi berbagai kegiatan tingkat nasional maupun internasional. “Ini even olahraga nasional bagi para siswa Tanah Air, untuk menjaring calon atlet muda dan berbakat. Kita harap atlet Sultra bisa memberikan yang terbaik,” jelasnya.

Total 10.737 siswa dari 34 provinsi akan bersaing merebut juara dengan mempertandingkan 22 cabor meliputi atletik, angkat besi, balap sepeda, bola basket, voli indoor, bulutangkis, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat dan renang. Kemudian cabor senam, sepak takraw, sepak bola, taekwondo, tenis, tinju, wushu, dengan 335 nomor pertandingan.

Salah satu devile kontingen saat pembukaan Popnas XVI di Pelembang.

Dari 22 cabor terdapat 14 cabor unggulan DBON, di antaranya, atletik, senam, taekwondo, pencak silat, renang, sepakbola, menembak, wushu, karate, bola basket dan panahan. Nah, dalam pelaksanaan POPNAS XVI tahun 2023, provinsi yang paling banyak mengirim atlet berasal dari tiga daerah. Yakni Sumatra Selatan 371 atlet, Jawa Barat 368 atlet, dan DKI Jakarta 349 atlet.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan Popnas adalah meningkatkan prestasi olahraga dan menjaring potensial, memberdayakan peran serta satuan pendidikan dan memperkuat persatuan dan kesatuan antar pelajar. Herman Deru berharap ajang ini juga dapat mencetak atlet-atlet di kalangan pelajar yang berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional. Selain itu, dia juga berharap melalui ajang ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata daerah.

“Paling tidak pertumbuhan ekonomi daerah akan tergerak dengan pelaksanaan event, apakah itu single event atau pun multi event. Dengan jumlah yang ada Alhamdulilah bisa ditampung di hotel-hotel yang ada di Palembang,” harapnya. Herman Deru berharap, bisa menjadi tuan rumah yang baik, bukan hanya dalam menerima tetapi memandu para tamu dalam hal ini atlet tim dan official dari kehadiran pelaksanaan, pertandingan sampai dengan penutupan dan kepulangan ke tempat masing-masing para atlet.

“Kami ucapkan sekali lagi terima kasih dan bangga kepada ketua panitia dan setiap unsur yang terlibat di dalam pelaksanaan ini dan kepada seluruh atlet khususnya atlet pelajar dari Sumatera Selatan berjuang untuk menang tapi tetap pertahankan sportivitas terima kasih atas segala kepercayaan ini,” pungkasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan