Lomba Senam Garbarata Guru SMAN dan SMKN Rayon Muna, Mubar dan Buteng Sukses Digelar

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Lomba senam Garbarata yang diikuti ratusan kelompok peserta Rayon Muna, Rayon Muna Barat – Buton Tengah (Buteng) berlangsung meriah. Acara ini bahkan dihadiri dua anggota DPRD Provinsi Sultra La Ode Tariala dan Syahrul Saida.

Lomba Senam Garbarata dipertandingkan pada setiap rayon. Tahap pertama untuk Rayon KCD Mubar-Buteng berlangsung di SMAN 1 Lawa dan diikuti 48 sekolah. Tahap kedua, 13 Februari untuk Rayon KCD Muna dilaksanakan di SMKN 2 Raha diikuti 45 sekolah.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Dra Wa Ode Munanah mengatakan, kegiatan tersebut sebagai tindaklanjut dari sosialisasi senam Garbarata yang telah dilakukan sebelumnya.

Kata dia, sosialisasi senam Garbarata telah dilakukan dengan melibatkan para dewan guru, baik itu PNS maupun non PNS. “Alhamdulillah, pada lomba kali ini menunjukan antusias cukup tinggi dari setiap sekolah dan semoga terus diperkenalkan kepada masyarakat melalui lingkungan sekolah,” ucap Ketua Panitia Lomba ini, Minggu (13/02/22) dalam keterangan tertulisnya.

Istri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio tersebut menerangkan, sesuai namanya Senam Gerakan Akselerasi Pembangunan Wilayah Daratan dan Lautan (Garbarata) memuat semangat persatuan dan kesatuan, tidak hanya diperuntukan bagi peserta lomba, namun juga bagi seluruh masyarakat Sultra. Kegiatan ini dilakukan melalui dunia pendidikan, agar generasi muda termasuk tenaga pendidik lingkup SMA, SMK, dan SLB dapat memiliki, menjaga, dan menularkan semangat Garbarata.

“Alhamdulillah, lomba meriah. Tak hanya dihadiri para peserta lomba, namun juga disaksikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Asrun Lio, termasuk dua anggota DPRD Provinsi Sultra bersama masyarakat sekitar,” tutur ibu dua orang anak ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Asrun Lio memberikan apresiasi kepada dua anggota DPRD Provinsi Sultra, yakni La Ode Tariala dan Syahrul Saida karena turut berpartisipasi aktif dengan memberikan banyak hadiah kepada para peserta lomba termasuk yang akan menjadi juara nantinya.

“Dalam agenda kali ini, masih tetap dalam kunjungan kerja ke sekolah-sekolah, bertepatan dengan kegiatan lomba senam Garbarata untuk Rayon Muna, Mubar, dan Buteng,” tambah pria Lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra ini.

Sementara, Anggota DPRD Provinsi Sultra, La Ode Tariala mengatakan, mengapresiasi kegiatan tersebut karena ditengah pandemi Covid-19, lomba tersebut mampu menyajikan acara hiburan untuk masyarakat. Sedangkan Anggota DPRD Provinsi Sultra lainnya, Syahrul Saida menuturkan, Senam Garbarata dapat menjadi satu pilihan aktivitas bagi masyarakat untuk menjaga kebugaran tubuh, khususnya warga sekolah dalam menyikapi situasi pandemi Covid-19.

Kehadiran Senam Garbarata dapat menjadi penawar dari segi kegiatan fisik. Untuk itu, Syahrul memberikan apresiasi kepada Dikbud Sultra termasuk Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, karena mampu berkreasi dan berinovasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. “Khususnya dalam bidang pendidikan di Sultra. Apalagi, kegiatan yang digelar tetap menerapkan Prokes Kesehatan Covid-19,” tutupnya.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan