Bangkitkan Gemar Membaca Dikalangan Anak, Sri Lestari Himbau Guru dan Orang Tua Lakukan Pendampingan

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Untuk menumbuhkan minat, kegemaran, serta budaya membaca di lingkup keluarga dan masyarakat, Bunda PAUD Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain, mengimbau guru dan orang tua lakukan pendampingan pada anak.

Ia menyadari saat ini minat baca anak masih tergolong rendah. Untuk itu, kolaborasi seluruh pihak untuk mengembangkan budaya baca sejak dini menjadi hal yang sangat penting untuk digencarkan. “Untuk menumbuhkan minat baca ini memang perlu ketekunan. Untuk itu langkah awal yang bisa kita lakukan adalah mulai dengan baca apa yang kita sukai dan yang kita butuhkan,” katanya.

Menurut Sri, kesadaran untuk menyiapkan fasilitas dan anggaran belanja buku bagi keluarga juga menjadi point utama untuk menciptakan lingkungan yang memotivasi anak untuk gemar membaca.

“Menyiapkan buku di tempat-tempat keluarga sering berkumpul . Seperti di ruang tengah, ruang makan, atau di kamar tidur juga bisa dilakukan. Ini merupakan tempat yang sering kita kunjungi dan nyaman, sehingga kita cenderung tertarik untuk membaca buku,” ujarnya.

Lebih lanjut Istri Walikota Kendari ini mengatakan, kecakapan litetasi dalam hal ini minat baca menjadi urgensi untuk menghadapi kemajuan zaman saat ini. Kemampuan berpikir kritis, komunikatif, kreatif, serta kolaboratif dapat dikembangkan melalu proses membaca.

“Dan hal ini sudah saya sampaikan keseluruh Bunda PAUD baik di kecamatan, kelurahan, dan kota. Agar mereka melalukan pendampingan untuk menumbuh kembangkan minat baca,” kata Sri.

Reporter : Erviana

Tinggalkan Balasan