Lukman Abunawas-Rusman Emba, Duet Ideal Pilgub Sultra 2024

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Pemilihan Gubernur Sultra akan bergulir 2024 mendatang. Sejumlah figur yang bakal maju bertarung pun terus bermunculan. Nah, duet Lukman Abunawas-Rusman Emba-
digadang-gadang merupakan pasangan ideal dan kuat.

Perpaduan antara Lukman Abunawas dan Rusman Emba, merupakan konfigurasi ideal antara keterwakilan daratan dan kepulauan. Ini juga termasuk termasuk perpaduan antara senior dan yunior.

Pengamat politik Sultra Dr. Najib Husain mengatakan, apabila benar-benar keduanya berkongsi di Pilgub 2024, akan menjadi pasangan calon yang cukup menarik. Hal itu karena, dua figur ini juga merupakan perpaduan antara birokrat dan politisi ulung. “Rusman Emba dikenal sebagai politisi petarung, cakap dan ulet, dan Lukman dianggap sebagai tokoh birokrat di Sultra,”ucap Najib Husain, Kamis (12/5/2022).

Lanjutnya, Simbol ketokohan Lukman sebagai perwakilan daratan, sangat mewakili. Begitu juga dengan Rusman Emba yang mewakili kepulauan. Modal tersebut begitu kuat merebut mayoritas suara pemilih yang tersebar di 17 Kabupaten dan Kota.

Kedua tokoh ini sudah teruji. Rusman Emba dua kali menang di Muna. Kemudian pernah duduk sebagai ketua DPRD Sultra dan mantan anggota DPD/MPR RI Senator Sultra. Sementara Lukman Abunawas pernah menjadi Bupati dua periode di Konawe dan sekarang Wakil Gubernur, juga Ketua DPD PDIP Sultra.

“Jadi, napak tilas politik tersebut menandakan keduanya memiliki basis suara yang sangat diperhitungkan. Terkait siapa yang akan menjadi 01 atau 02, tergantung dari komunikasi keduanya atau elektabilitas masing-masing,” beber Najib.

Doktor jebolan Universitas Gajah Mada ini menambahkan, jika Rusman dan Lukman Abunawas benar-benar berkongsi di Pilgub nanti, akan menjadi sebuah catatan penting dan peringatan bagi figur lain yang berhasrat tarung di pilgub 2024.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan