Kementerian Koperasi dan UKM Gandeng Pemprov Sultra Gelar Gelar Pelatihan untuk Pelaku Usaha Mikro

HALUANSULTRA.ID KENDARI – Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) RI menggelar pelatihan untuk pelaku usaha mikro berbasis kompetensi bidang ritel di Kota Kendari, Rabu (13/04/22).

Dalam kegiatan ini, Kemenkop dan UKM menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Koperasi dan UMKM.
Dalam kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari Kabupaten Muna, Kolaka, Kota Kendari dan Kabupaten Buton.

Asisiten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro Kemenkop dan UKM, Haryanto mengatakan, saat ini pemasaran sudah mulai metode digital marketing meskipun offline masih jalan. Kata dia, untuk sistem marketing ini tetap diberikan pelatih dalam perniagaan untuk meningkatkan usaha dari para pengusaha mikro.

“Harapannya setelah wabah Covid ini pasar terus meningkat. Kalau yang ikut pelatihan ini akan mendapat informasi dan berbagi dengan yang komunitas pengusaha yang lain karena yang saat ini sangat terbatas,” katanya saat membawakan sambutan.

“Kemudian kepada para pelanggan kita agar tertarik ini adakah tujuan kita, pelatihan ini akan ada uji juga. Supaya teman-teman kemampuannya meningkat karena memang ini memiliki standar,” Haryanto.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UMKM Sultra La Ode Saifuddin mengungkapkan, di Sultra saat ini ekonomi kecil menengah menunjukkan kebangkitan. Pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan pengusaha di Sultra. “Sekarang kami melakukan pendataan UMKM di beberapa daerah di Sultra. Pekan depan ke Buton untuk pendataan ini dan ini adalah program kementrian juga. Kami berharap selalu ada support dari Kementrian,” jelasnya.

Terkait dengan pelatihan, Syarifuddin menilai, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas usaha melalui kegiatan ini bisa dijadikan bahan sharing.
Diharapkan agenda ini dapat mengatasi masalah pelaku usaha mikro. “Bisa meningkatkan kualitas sehingga bermanfaat, dapat meningkatkan banyak hal, sikap, perilaku dan kemampuan mereka termasuk pelayanan terhadap pelanggan,” tukasnya.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan