Progres Pembangunan RS Jantung Capai 70 Persen, Pencairan Dana Sudah Rp 160 M

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Pembangunan Rumah Sakit (RS) Jantung Oputa Yii Ko di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) capai 70 persen per Mei 2022. Hal ini dibeberkan langsung oleh Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sultra, Fahri Yamsul.

Menurut dia, progres tersebut adalah hasil dari pengerjaan khusus arsitektur. “Sudah mencapai 70 persen. Sekarang masuk pekerjaan arsitektur yakni pasat luar seperti kaca-kaca jendela, elektrikal, lantai sebagai, lighting, dan mekanikal siap dikerjakan. Termasuk AC sudah ada semua di lokasi,” ungkap Fahri Kamis (12/5/2022).

Menurut Alumni Teknik Unhas Makassar ini, pekerjaan tersebut adalah tahap terumit. Dari progres pembangunan mega proyek yang berdiri di atas lahan seluar lima hektar milik Pemerintah Provinsi (Pengprov) Sultra.

“Ini dikategorikan pekerjaan yang rumit, bukan karena susah, tetapi ini pekerjaan kecil-kecil yang memungkinkan pekerjaan ini memakan waktu yang sangat lama. Manajemennya yang harus pas. Makannya pekerjaan gedung tinggi ini yang menghambat karena titik kritis,” jelas Fahri.

Ketua Perbasasi Sultra ini juga menuturkan, para pekerja mulai intens. Diperkirakan saat ini untuk pekerja sudah sekitar 300 lebih dan akan ditambah 500 orang pekerja.

“Juni sudah mulai menggenjot pekerjaan karena target itu bulan Oktober selesai. Untuk pencairan dari anggaran pinjaman sekitar Rp. 160 miliar dari total anggaran Rp. 300 miliar lebih,” tukasnya.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan