Tangani Banjir, DPRD Kendari Ajukan Program Pelebaran Drainase dan Pembangunan Kolam Retensi di Nanga-Nanga

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – DPRD Kota Kendari, mengajukan pelebaran drainase dan pembangunan kolam retensi berskala besar dan kecil, guna mengatasi permasalahan banjir di Ibu Kota Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurut Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan, volume drainase yang lebih luas dan dalam, bisa menampung debit air saat curah hujan mulai tinggi. Untuk itu, perlu dilakukan pengerukan saluran yang mengalami pendangkalan sekaligus penataan ruang di sekitar drainasi.

“Terkait banjir, saya rasa memang akan terjadi perubahan kawasan, yang tadinya daerah serapan air sekarang ditimbun dan dibangunkan bangunan. Tapi ini adalah bagian dari perkembangan kota sehingga harus dijawab dengan pembangunan drainase yang tadinya satu meter kita jadikan 2 meter,” kata Subhan Kamis (4/8/2022).

Selain mengajukan perluasan saluran drainase, kata Subhan, dewan juga mengusulkan pembangunan kolam retensi, yang tidak hanya menjadi kolam retensi namun juga menjadi penahan lumpur. Hal ini untuk mengantisipasi kiriman air dari daerah lain, sehingga alokasi biaya untuk normalisasi dampak lumpur yang bisa menganggu sirkulasi air saat musim hujan bisa di minimalisir.

“Selanjutnya kita juga sudah membangun kolam retensi yang ada di boulevar itu bisa menangani banjir kita sekitar 20 persen. Rencana jangka panjang kita juga akan membangun kolam retensi di Nanga-Nanga yang bisa menampung banjir sekitar 70 persen,” tuturnya.

Untuk itu, Subhan berharap Pemkot bersama masyarakat Kota Kendari dan seluruh pihak terkait dapat bersinergi untuk merealisasikan hal tersebut. Agar permasalahan banjir di Kota Lulo bisa teratasi.

“Kami di DPRD juga sudah mengusulkan ke Pemerintah Kota agar nanti di setiap kecamatan atau kelurahan yang berada di dataran rendah. Bisa dibangunkan kolam retensi dengan skala kecil, sehingga dapat membantu kinerja drainase yang tidak bisa menampung debit air sekaligus saat air pasang atau curah hujan tinggi,” harapnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan