Gempa 4.2 Magnitudo Guncang Wawonii Barat

HALUANSULTRA.ID — Gempa bumi tektonik 4.2 Magnitudo mengguncang wilayah Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan, Minggu (29/8/2021), pukul 08:37 WITA. Hasil analisis BMKG Eepisenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.92 LS, 122.90 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 17.4 km, Barat Laut Wawonii Barat, Konawe Kepulauan Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo di Barat Laut Wawonii Barat,” terang Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T.

Guncangan gempa bumi ini kata Rudin, dirasakan di Kendari II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami. “Sampai pukul 09.00 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 1 kali aktivitas gempabumi susulan,” tandasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan