Gempa Magnitudo 3,6 Guncang Moramo Utara Konsel, Terasa di Kendari Hingga Konawe

HALUANSULTRA.ID – Gempa tektonik magnitudo 3,6 terjadi di Kabupaten Konawe Selatan, Selasa, 09 Agustus 2022, pukul 22:39 WITA. Episenter gempa terletak pada koordinat 4.08 LS, 122.63 BT, atau tepatnya berlokasi di darat jarak 6.7 km, Barat Daya Moramo Utara, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T mengatakan, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari, Segmen Tengah di Barat Daya Moramo Utara.

Adapun guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Konawe II MMI, Kendari, Konawe Selatan II-III MMI. II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” terangnya.

Kata dia, hingga pukul 23.00 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan. Kepada masyarakat, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. ” Kemudian, menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,”jelasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (HS)

Tinggalkan Balasan