BPBD Kota Kendari Gelar Pelatihan Water Rescue

HALUANSULTRA.ID,KENDARI- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Pelatihan Water Rescue. Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris daerah (Sekda), disalah satu hotel di Kendari, Selasa (13/12/2022). Ridwansyah Taridala mengharapkan Tim Reaksi Cepat atau TRC ini memiliki respon yang baik terhadap lingkungan. “Apapun yang dilakukan, harus terukur dan bisa dipertanggungjawabkan, baik operasional maupun administratif,” ujar Sekda.

Sekda menyebut, titik rawan bencana alam khususnya longsor meliputi: Kecamatan Mandonga, Kendari Barat dan Kendari. Namun, untuk daerah banjir sudah berkurang,dirinya menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada. Hal senada, juga disampaikan oleh Kepala BPBD Paminuddin menjelaskan bahwa pelatihan ini untuk memastikan TRC BPBD terus siaga, terlebih menghadapi kondisi bencana. Paminuddin menegaskan bahwa perlu dibarengi dengan kemampuan fisik,bekerja ikhlas dan kemampuan berpikir logis.

“Karena, ketika di lapangan kita dihadapkan dengan kondisi yang ekstrim, mencekam, tidak hanya menyelamatkan masyarakat, juga harus memikirkan diri agar selamat,” terangnya. Mengenai bencana dan musibah yang sering melanda Kota Kendari, Mantan Kadis DLHK ini menyebut banjir, tanah longsor dan pohon tumbang. Sementara itu, mengenai masalah banjir sudah teratasi setelah berfungsinya kolam retensi. “Untuk itu, kita berharap kepada masyarakat untuk terus menjaga lingkungannya, karena saya yakin tidak sejengkal pun, tanah di kota ini tidak bertuan,” harapnya. (HS)

Tinggalkan Balasan