Pemkot Kendari, BI dan Himbara Sosialisasikan Program Iyamo Persayai Rentenir dan QRIS

HALUANSULTRA.ID,KENDARI- Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Bank Indonesia (BI) dan Bank Himbara melakukan sosialisasi implementasi pasar sehat, inovatif, aman pakai (SIAP) Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan Program Iyamo Persayai Rentenir atau AMAN di Pasar Sentral, Kelurahan Dapu-dapura, Kecamatan Kendari Barat, Kamis (15/12/2022). Mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota, Asisten II Sekretariat daerah (Setda) Susanti berkata, Kota Kendari mencatatkan pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 9,6% hingga bulan Oktober 2022. “Hampir seluruh pendapatan pajak maupun retribusi dibuka agar masyarakat membayar secara non tunai baik melalui QRIS, ATM, Mobile Banking maupun kanal pembayaran non tunai lain,” ujarnya.

Oleh karena itu, pemerintah terus berakselerasi maju dengan elektronifikasi dan digitalisasi pemerintah daerahnya. Susanti, program yang tak kalah penting, yaitu program AMAN bagi UMKM dimana program yang memberikan fasilitas pinjaman modal usaha tanpa bunga bagi pelaku usaha mikro/kecil, dan meningkatkan pemberdayaan UMKM. “Fasilitas kredit seperti ini yang mendukung pemerintah daerah, khususnya Kota Kendari untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan percepatan pengembangan sektor riil dan perluasan lapangan pekerjaan,” jelasnya. Asisten II menekankan, bahwa digitalisasi dapat menurunkan biaya dan meningkatkan kualitas semua jenis kegiatan bagi pelaku UMKM.

“Digitalisasi menjadi solusi dan dapat menembus semua bidang kehidupan ekonomi masyarakat.” Imbuhnya. Mampu mengantar masyarakat memasuki era perubahan global dan mendorong daerah untuk mendukung sistem teknologi informasi modern, yang dapat meningkatkan efisiensi dan mengubah proses tradisional menjadi modern. Dengan demikian, Bank Indonesia meluncurkan layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam melakukan transaksi keuangan, sehingga produsen dan konsumen tidak perlu repot dalam memberikan uang kembalian dan transaksi langsung masuk ke rekening serta tercatat secara akurat. (HS)

Tinggalkan Balasan