Ketua KPU RI Minta Jajaran Tingkatkan Konsentrasi dan Fokus Siapkan Pemilu 2024

HALUANSULTRA.ID – Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, mengingatkan kepada jajaran kian dekatnya hari pemungutan suara, 14 Februari 2024 dan pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung di 27 November 2024.

Oleh Karena itu, Hasyim meminta seluruh jajaran KPU untuk berkonsentrasi, fokus, dan menjaga kesehatan dalam menghadapi berbagai macam tugas, yang tentunya diikuti oleh ritme kerja yang semakin meningkat.

“Ritme kerja kita ini makin hari makin meningkat demikian juga sekarang musim penghujan oleh karena itu menjaga kesehatan menjadi penting bekal untuk kita semua dalam menjalankan tugas-tugas kepemiluan,” ujar Hasyim, saat memimpin Apel Pagi Awal 2023 didampingi Sekretaris Jenderal KPU, Bernad Dermawan Sutrisno di halaman Gedung Kantor KPU, Senin (02/01/2023).

Lebih lanjut, Hasyim menekankan, agar persiapan logistik, alat perlengkapan pemungutan suara sudah mulai harus dirancang, termasuk Peraturan KPU (PKPU) pemungutan dan penghitungan suara, PKPU tentang rekapitulasi suara, sampai dengan penetapan hasil mulai disiapkan.

Instrumen kerja tersebut, kata Hasyim, penting karena adanya alat bantu berupa Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap, yang persiapannya membutuhkan waktu yang relatif mapan dan simulasi serta uji coba.

“Supaya pemahaman penggunaan berbagai macam instrumen ini, alat bantu ini, lebih siap daripada sebelumnya,” ucap Ketua KPU. Hasyim menjelaskan, berbagai tahapan yang saat ini sudah dilakukan KPU, seperti halnya telah ditetapkan 18 Partai Politik Nasional, sebagai peserta Pemilu 2024.

“Setidak-tidaknya sampai saat ini sudah tersedia peserta pemilu partai politik dan sekarang ini sedang menyiapkan peserta pemilu perseorangan calon anggota DPD, dan dalam waktu dekat kegiatan pemutakhiran data pemilih sudah akan kita mulai,” Ujar Hasyim.

Tak hanya itu, menyusul adanya keputusan Mahkamah Konstitusi nomor 80 tahun 2022, di mana KPU diberi kewenangan menata daerah pemilihan (dapil) untuk DPR RI dan DPRD Provinsi.

“Dengan demikian, beberapa instrumen strategis pemilu yaitu peserta pemilu, dapil, pemilih itu sebentar lagi segera kita penuhi.” ungkap Hasyim. Turut hadir dalam upacara ini Pejabat Eselon I, II, III, IV, Pejabat Fungsional, staf PNS, Tenaga Ahli, dan PPNPN di Lingkungan Setjen KPU. (HS/Humas).

Tinggalkan Balasan