12 Cabor, 69 Pelajar Sultra Bersiap Menuju Popnas XVI Sumsel, Kadispora : Kita Bidik 6 Emas

HALUANSULTRA.ID – Sebanyak 69 pelajar Sulawesi Tenggara (Sultra) akan meramaikan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Kegiatan ini rencananya akan bergulir 26 Agustus hingga 4 September 2023.

Plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora), H. Trio Prasetio Prahasto mengatakan, total kontingen Sultra semua berjumlah 96 orang terdiri dari 69 atlet, 12 pelatih dan 11 official. Mereka akan mengikuti 12 cabang olahraga .

Rinciannya, Dayung, Pencak Silat, Tinju, Sepak Takraw, Panahan, Atletik, Taekwondo, Wushu, Kempo, Karate, Renang dan Menembak. “Insyaallah nanti akan ada pelepasan atlet melihat waktu dari bapak Gubernur,” ucap Trio.

Menurut mantan Sekwan DPRD Sultra ini, dari seluruh cabor yang berlaga, ditargetkan bisa meraih 6 emas. Khususnya Cabor Dayung diharapkan bisa memberi kontribusi lebih. “Semua cabor kita yang ikut bertanding saya sangat yakin bisa memberikan yang terbaik. Untuk kali ini kita bidik 6 emas, mohon doanya untuk atlet pelajar kita bisa tampil oke,” katanya.

Atlet dayung saat menjalani latihan di asrama dayung di Benu-Benua, Kota Kendari.

Popnas XVI 2023 Pelembang ini akan mempertandingkan 22 cabang olahraga dan 335 nomor pertandingan. Jumlah peserta diperkirakan sebanyak 10.000 yang terdiri dari 2.000 tim official cabor dan 6.946 tim official kontingen ditambah tamu undangan dari dalam dan luar provinsi.

Kabid Bidang Pembinaan Prestasi Dispora Sultra, Jamaruddin, menjelaskan pada pelaksanaan Popnas di Sumatera Selatan kontingen Sultra telah mengikuti beberapa tahapan, mulai pendaftaran hingga untuk pemondokan. Saat ini sedang dalam proses persiapan untuk pelepasan kontingen yang dijadwalkan 25 Agustus 2023.

Untuk Cabor yang berangkat ada juga yang menggunakan biaya mandiri. Sebab adanya keterbatasan anggaran. “Untuk yang mandiri itu seperti Kempo. Ada juga cabor yang atletnya dibiayai Dispora namun mereka tambah atlet sehingga menggunakan dana mandiri,” terangnya. (HS)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: