Banyak Teriakan Minta Tolong di Bawah Puing Bangunan, Korban Tewas Gempa Turki Tembus 4.300 Orang

HALUANSULTRA.ID – Jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat yang mengguncang Turki-Suriah terus bertambah. Laporan terbaru korban tewas sudah melewati 4.300 orang. Jumlah korban tewas di Turki naik menjadi 2.921 pada hari ini. Hal tersebut disampaikan di Istanbul, Turki, Selasa (07/02/2023). Seperti yang dilansir dari laman herald.id.

“Kondisi cuaca dan skala bencana mempersulit tim kami, untuk mencapai kawasan itu,” kata Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca. Sementara itu, 1.451 kematian telah dilaporkan di Syria. Upaya penyelamatan saat ini masih terus berlangsung di Turki dan Suriah, yang dilanda gempa bumi sepanjang malam hingga Selasa ini. Selain korban tewas yang terus bertambah, kepala layanan bencana Turki menyebut, jumlah korban luka saat ini sebanyak 15.834.

Gempa berkekuatan 7,8 mengguncang kedua negara pada Senin pagi, menyebabkan bangunan apartemen dan rumah sakit runtuh. Cuaca dingin mempengaruhi operasi pencarian. Meski begitu, ratusan personel penyelamat terus berusaha melakukan pencarian, di antara puing-puing bangunan.

Menurutnya, banyak helikopter tidak dapat lepas landas karena kondisi cuaca. Baik Turki dan Suriah sedang berjuang melawan badai salju yang hebat, dan suhu telah turun drastis ke tingkat di bawah nol. Laporan menyebutkan, saat ini masih banyak warga yang terperangkap ,di dalam bangunan yang runtuh dan berteriak minta tolong di dalam tumpukan puing. (HS)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: