Ratusan Pengumpul Zakat Ikuti Bimbingan Teknis di Kendari

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Ratusan pengumpul zakat dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) masjid di Kendari, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari. Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu secara resmi membuka Bimtek ini yang digelar di salah satu hotel, di Kendari, Senin (13/03/2023).

Asmawa Tosepu menjelaskan, bimtek digelar untuk memberikan pengetahuan pada para pengumpul zakat bagaimana membuat pelaporan dan pendistribusian zakat, termasuk bagaimana mengajak masyarakat untuk membayar zakat melalui UPZ.

Ia mengakui, selama sekitar lima bulan ia menjabat, pengelolaan zakat yang dilakukan oleh Baznas sangat membantu. Meskipun bantuan yang diberikan masih sangat terbatas, karena banyaknya warga yang hendak dibantu, namun anggaran yang tersedia terbatas.

“Lima bulan saya di Kota Kendari dukungan Baznas terhadap pengentasan kemiskinan, bantuan bencana, dan bantuan-bantuan sosial lainnya, Baznas selalu hadir bersama-sama kita. Terakhir saya bersama Ketua dan pengurus menyerahkan bantuan zakat itu di kelurahan Watulondo, kita menyerahkan bantuan untuk saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana hidrometeorologi atau angin puting beliung,” ungkapnya.

Bendahara UPZ Kemendagri ini berharap, dengan bimtek ini akan terjadi peningkatan pemahaman para pengelola UPZ, termasuk bisa meningkatkan jumlah zakat yang terkumpul, sehingga terjadi peningkatan pendistribusian zakat pada masyarakat.

Pj Wali Kota Kendari menambahkan, Pemkot Kendari sudah melakukan optimalisasi pembayaran zakat infaq dan sedekah, salah satunya mewajibkan ASN membayar zakat melalui Baznas, namun kesadaran untuk membayar zakat masih belum maksimal.

“Mohon maaf saudara-saudara kita sendiri yang belum merasa bahwa ini adalah kewajiban, memang sekali lagi langkah-langkah itu sudah banyak dilakukan. Menurut saya, bukan hanya sekedar menganjurkan, tetapi memberi contoh memastikan bahwa zakat yang dibayarkan oleh umat itu betul sudah disalurkan,” tambahnya.

Ketua Panitia Abdul Halim Asy’ari menjelaskan, Bimtek dan sosialisasi ini akan digelar dalam dua angkatan yakni, angkatan pertama 13 Maret 2023 dan angkatan kedua akan digelar 16 Maret 2023. “Peserta terdiri dari kepala kelurahan, ketua pengurus masjid dan pengelola UPZ, angkatan pertama ini diikuti 139 orang dan angkatan kedua 126 orang jadi total seluruhnya 265 orang,” ungkapnya. Turut Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari, Ketua MUI Kota Kendari, dan Ketua Baznas Kota Kendari. (HS)

Tinggalkan Balasan