Ternyata Sosok dari Daerah Ini yang Disodorkan JK untuk Jadi Cawapres Anies

HALUANSULTRA.ID – Dalam acara buka puasa bersama di Ball Room NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta, Sabtu, 25 Maret 2023, mantan Ketua Umum Partai Golkar, HM Jusuf Kalla (JK), mengusulkan sejumlah nama tokoh Jawa Timur untuk mendampingi cawapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. Itu diakui Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. “Ya kalau pak JK menyarankan tokoh-tokoh dari Jawa Timur, ya (karena) salah satu orang yang kami ajak diskusi juga Pak JK, itu sah-sah saja,” jelas Willy kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 28 Maret 2023.

Anies sendiri selaku pemilik otoritas penuh dalam menentukan siapa pendampingnya dalam kontestasi Pilpres 2024, belum memilih nama. “Jadi ini (masih) dalam proses berbelanja nama, mengoleksi nama. Belum ada finalisasi,” sambungnya.“Bukan hanya satu yang diusulkan Pak JK. Ada banyak pertimbangan yah, jadi ada beberapa nama yang diusulkan oleh Pak JK,” tambah Willy.

Buka puasa bersama yang digelar Ketua Umum Nasdem Surya Paloh itu, menjadi ajang bertemunya para tokoh dan elite politik. Pada acara tersebut, tampak duduk satu meja antara lain mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai NasDem Surya Paloh, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), bakal Calon Presiden usungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi.

Melalui kegiatan tersebut Partai NasDem hendak menyampaikan pesan persatuan dan kesatuan, dan mengajak seluruh pengurus partai politik untuk bersama-sama menuju kemenangan dengan memanfaatkan momen bulan suci Ramadan sebagai momentum mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Begitupun Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada kesempatan tersebut juga mengakui ada pembicaraan politik dengan Jusuf Kalla.

“Pak Jusuf Kalla kan (mantan) ketua umum (Partai Golkar), senior Partai Golkar. Jadi sesama ketua umum banyak yang dibahas dan pastinya yang dibahas tentang politik. Tentu banyak hal yang kita bicarakan,” ujar Airlangga kepada wartawan. Airlangga yang juga menjabat Menko Perekonomian mengaku dengan momentum buka puasa bersama ini menjadi semacam nostalgia yang indah.

“Beliau (Pak JK) Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 yang juga Ketua Umum Partai Golkar, pada waktu itu dewannya adalah Pak Surya Paloh. Jadi kita mengingat masa-masa indah,” tutur Airlangga yang juga mengharapkan ke depannya hubungan Golkar dan NasDem terus terjalin dengan erat.(HS)

Tinggalkan Balasan