Ini Empat Persiapan Pembimbing Ibadah Sambut Jemaah di Makkah

HALUANSULTRA.ID – Tim Konsultan dan Pembimbing Ibadah Daerah Kerja (Daker) Makkah telah menyiapkan empat langkah dalam upaya memaksimalkan proses bimbingan kepada jemaah haji Indonesia selama di Makkah Al-Mukarramah. Bimbingan ibadah menjadi salah satu layanan yang akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H telah menyiapkan Tim Konsultan dan Pembimbing Ibadah untuk memberikan pembekalan. Jemaah haji Indonesia dijadwalkan mulai tiba di Makkah pada 1 Juni 2023.

“Tahun ini kita mengusung tema utama Haji Ramah Lansia. Tim pembimbing ibadah perlu memberikan perhatian pada pelaksanaan ibadah jemaah haji lansia agar bisa disesuaikan dengan kemampuan mereka dan didasarkan pada hukum Fiqh ibadah perhajian,” jelas Kepala Bidang Bimbingan Ibadah PPIH Suratman saat menggelar Rapat Koordinasi Bimbingan Ibadah di Daker Makkah, Rabu (31/5/2023).

Menurutnya, ada beberapa persiapan dalam pelaksanaan ibadah haji bagi lansia yang telah disusun tim pembimbing ibadah. Pertama, mempersiapkan Pembimbing Ibadah untuk menyambut langsung kedatangan jemaah haji di Makkah. “Hal ini bertujuan agar Pembimbing Ibadah dapat mengetahui secara langsung kondisi kemampuan jemaah haji, khususnya lansia,” jelasnya.

Kedua, menyiapkan jadwal visitasi dan penyampaian materi manasik haji untuk lansia agar mereka bisa melaksanakan ibadah sesuai dengan kemampuan. “Ketiga, mengumpulkan data jemaah wafat dan Petugas Haji yang siap melaksanakan Badal Haji,” ujarnya. Keempat, melaksanakan koordinasi langkah-langkah safari wukuf. Proses koordinasi ini antara lain dilakukan dengan menyiapkan Petugas Pendamping Ibadah Jemaah Udzur (PIJU), Tim Safari Wukuf, dan koordinas lainnya dengan pihak Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Makkah.

“Alhamdulillah, rapat koordinasi ini dihadiri oleh seluruh konsultan dan pembimbing ibadah. Insya Allah kita siap menyambut jemaah haji Indonesia di Makkah,” tutupnya. Hadir dalam Rapat Koordinasi ini, Kasi Pembimbing Ibadah Daerah Kerja Makkah Zulkarnain, serta 55 konsultan dan pembimbing ibadah di lingkungan Daker Makkah. (HS)

Tinggalkan Balasan