Apresiasi kinerja Pj.Walikota Kendari, Mendagri : Baru 5 Kabupaten dan 1 Kota Laksanakan NPHD

HALUANMSULTRA.ID- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian, mengapresiasi kinerja Pj. Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, atas hasil kerja di Pemerintah Kota Kendari, salah satunya dengan melaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Hal itu disampaikan saat Kunjungan Kerja Mendagri di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Jumat (28/10/2023).

Kunjungan Kerja Mendagri Muhammad Tito Karnavian di Sulawesi Tenggara salah satunya mengevaluasi terkait persiapan anggaran Pemilu 2024. Anggaran itu dihibahkan pemerintah daerah, ke penyelengara Pemilu 2024 melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengatakan, saat ini ada beberapa kabupaten/kota yang sudah melaksanakan penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Saat ini pemerintah yang menyepakati perjanjian NPHD di Sulawesi Tenggara baru mencapai 5 kabupaten dan 1 kota,” ujar Mendagri saat kunjungan kerja di Kota Kendari. Sampai saat ini kabupaten/kota yang sudah melaksanakan NPHD yaitu, Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Bombana, Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Muna. Sebelumnya, Pemerintah Kota Kendari menggelar Sosialisasi dan melaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Naskah Perjanjian Hibah daerah (NPHD).

Pj. Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengungkapkan, pemilu dan pilkada tahun 2024 merupakan salah satu program strategis nasional sehingga harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. “Alhamdulillah berkat dorongan asistensi dari Ketua KPU Sulawesi Tenggara dan Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara bersama anggota, maka kesepakatan terkait anggaran yang dialokasikan dari APBD 2023 dan 2024 kepada penyelenggara pemilu dan pilkada sudah menemui titik kesepakatan,” ungkapnya (HS)

Tinggalkan Balasan