Mudahkan Pelayanan Publik, Kepala Bapenda Sultra-Pj Wali Kota Baubau Teken MoU

HALUANSULTRA.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kota Baubau terkait hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP), di Kota Baubau. Teken pengikat kerjasama ini dilakukan langsung Kepala Bapenda Sultra, Mujahiddin, SE, SH, MH bersama Pj Wali Kota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si di Kota Kendari.

Kepala Bapenda Sultra, Mujahidin mengatakan, penandatanganan MoU tersebut menjadi bukti komitmen Pemkot Baubau dalam menghadirkan kantor demi mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, hadirnya Mal Pelayanan Publik juga merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Adanya MPP, masyarakat diharapkan dapat dengan mudah mengurus beragam dokumen dan pembayaran pajak pada satu tempat terpadu.

“Alhamdulillah untuk MPP di Kota Baubau sudah kita tandatangani nota kesepakatan. Dalam MPP tersebut akan ada pelayanan untuk pajak kendaraan bermotor, termasuk untuk mengurus perpanjangan STNK. Pemprov tentu sangat mengapresiasi hal ini,” ujarnya.

Kepala Bapenda Sultra, Mujahiddin, SE, SH, MH (batik) bersama Pj Wali Kota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat menandatangani MoU.

Sementara itu, Pj Wali Kota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si, mengatakan MoU ini merupakan salah satu bentuk pengikat terkait keberadaan Samsat Kota Baubau, akan bergabung dengan MPP yang akan segera dilaunching.

Dr Muhamad Rasman mengatakan, Pemkot Baubau sangat antusias terhadap pembangunan MPP. Nah, prosesi penandatanganan MoU menunjukan niat serta usaha yang baik dari pemerintah daerah, untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Hadirnya MPP juga diharapkan mampu membentuk ASN modern dan memiliki pola pikir untuk bekerja profesional.

Lanjut Pj Wali Kota, MPP akan menciptakan pegawai dengan pola pikir untuk berkinerja tinggi, dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga berdampak pada tumbuh kembangnya perekonomian daerah.

Dia menginginkan segala pelayanan administrasi bisa selesai dengan cepat di MPP, tanpa harus bolak-balik instansi untuk mengurus administrasi di instansi yang diinginkan. “Kerjasama ini harus segara dibahas untuk langkah selanjutnya, jangan terlalu lama sehingga implementasi dari kebijakan pelayanannya bisa langsung berjalan,” jelasnya.

Mall Pelayanan Publik Baubau adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktifitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi, yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha.

Kadis DPMPTSP Kota Baubau Suarmawati, S,Si, M.Si membeberkan, MPP akan menghadirkan 17 gerai yang terdiri dari OPD, instansi vertikal dan instansi swasta. Untuk instansi vertikal itu ada dari Samsat, Polres, Pertanahan, KPP Pratama, Lokapom, BPJS Tenaga Kerja, BPJS Kesehatan, Bank Sultra, Kemenag, Samsat, Pegadaian dan PDAM.

Sedangkan untuk Organisasi Perangkat Daerah yang akan bergabung adalah Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perpustakaan, DPMPTSP, dan Dinas Dukcapil. “Rencana kita akan launching pada akhir Juni 2024. Lokasi kantor MPP ituu di Jl Palagimata Baubau,” tutupnya. imn/HS)

Tinggalkan Balasan