Resmi Lepas Kontingen PON Sultra ke Papua, Ali Mazi : Jangan Gentar Hadapi Lawan Manapun !

HALUANSULTRA.ID — Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi resmi melepas kontingen Sultra yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, Kamis (23/9/2021) di Aula Merah Putih Rujab Gubernur.

Dalam sambutannya, Ali Mazi meminta seluruh atlet yang berlaga tidak gentar menghadapi lawan manapun. PON merupakan ajang untuk mengukir prestasi terbaik ditingkat nasional dan internasional. Nah Sultra selalu berpartisipasi pada ajang PON dengan torehan medali. “Jangan pernah gentar hadapi siapapun. Sama-sama kita dilahirkan oleh Allah SWT. Kalau lawan bisa menang, kita juga harus menang,” kata Ali Mazi penuh semangat.

Dipundak kontingen Sultra, lanjut Gubernur, tertitip harapan harumnya nama daerah. Ini sangat penting, sehingga harus menjadi pemicu semangat. Atas nama Pemda dan mewakili masyarakat Sultra Ali Mazi berharap seluruh atlet mengeluarkan kemampuan terbaik. “Kita sama-sama berdoa, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Tidak ada yang tidak bisa. Insya Allah ketika meninggalkan Sultra, doa kita menag, menang dan menang,” jelasnya.

Ali Mazi mengingatkan kepada seluruh kontingen, jika event PON selain meraih prestasi merupakan ajang silaturahmi. Untuk itu harus menjaga sikap dalam hal apapun. Termasuk menjaga kesehatan, disiplin menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai Covid-19. Gubernur juga membeberkan akan memberikan apresiasi bonus bagi atlet peraih medali. Hanya saja berapa nominal emas, perak dan perunggu tidak disebutkan. “Raihlah prestasi. Jadilah jawara sejati dengan tidak melukai hati. Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, kontingen PON Sultra resmi saya lepas,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Plt Ketua KONI Sultra, La Ode Suryono mengatakan, seluruh energi telah dikerahkan demi menyukseskan tim Sultra berlaga di Papua. Semua ini tentu demi melanjutkan cita-cita (Alm) Agista Ariany. Prinsipnya, mewujudkan prestasi lebih baik dari PON Jawa Barat 2016 yang meraih enam emas. “Target kita PON kali ini tujuh emas,” ujarnya.

Menurutnya, target tujuh emas tersebut diharapkan datang dari dayung, softball. Muaythai, silat, karate, karate, atletik, bermotor, taekwondo, bulutangkis, panjat tebing, menembak, sepak takraw, selam dan renang. “Total semua 14 cabor, dengan jumlah 44 nomor pertandingan. Adapun delegasi Sultra yang berangkat berjumlah 180 orang,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen PON Sultra, Hj. Nur Endang Abbas mengucapkan terima kasih kepada Gubernur atas support dari kesiapan dana sehingga persiapan berjalan dengan bagus. Kata dia, softball, dayung gelombang pertama dan takraw sudah diberangkatkan Papua lebih awal dan Cabor lainnya pun segera menyusul.

Sekda Prov Sultra ini pun meminta semua kontingen selama di Papua menjaga kekompakan, jalin kebersamaan juga silaturahmi demi daerah. “Ada perbedaan budaya dengan Papua, mari menjaga jangan ada ketersinggungan karena hal sensitif,” sambungnya. Endang juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda yang telah melakukan simulasi keamanan untuk atlet. “Terima kasih pak Kapolda. Saya berharap seluruh mendapat pengawalan,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan