Beragam Lomba Meriahkan HUT Desa Sindang Kasih, HIPMI Konsel Apresiasi Antusias Warga

HALUANSULTRA.ID — Desa Sindang Kasih, Keamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), kini berusia 53 tahun. Perayaan hari jadi daerah tersebut pun berlangsung semarak. Ratusan warga terlihat antusias mengikuti beragam lomba menyemarakkan pesta rakyat di depan Kantor Balai Desa dan Lapangan Sepakbola yang dimulai 15-18 Oktober 2021.

Ketua BPC HIPMI Konsel, Dirga Mubarak, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi salah satu pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Kabupaten Konawe Selatan, Doddy Permana bersama puluhan anggota Karang Taruna desa berlangsung meriah. Kata dia, event tahunan ini merupakan ajang kreativitas masyarakat khususnya kalangan pemuda.

“Kegiatan ini juga menjadi ajang bersilaturrahmi antar warga. Pesta rakyat bisa berpotensi menjadi wisata budaya karena pertandingan yang diselenggarakan masih mempertahankan lomba tradisional. Ini harus digelar secara rutin setiap tahun,” kata Dirga.

Menurut Dirga, tujuan ikut sertanya Hipmi Konsel adalah salah satu strategi menciptakan chemistry antara HIPMI dengan masyarakat. “Kegiatan di Desa tercinta kita ini akan memberi nuansa positif untuk kemajuan menuju perubahan yang lebih baik,” sambungnya.

Desa Sindang Kasih terletak di Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Desa ini merupakan desa Tltransmigrasi pertama sejak tahun 1968. Pada awalnya, Sindangkasih hanya dihuni oleh para transmigran dari pulau jawa tepatnya dari Purwakarta Jawa Barat dengan jumlah 50 Kepala Keluarga.

Kini, tahun 2021 telah mencapai 1.550 jiwa penduduk. Nah mayoritas penduduknya adalah Suku Sunda. Sebagian besar penduduk Desa Sindangkasih Konawe Selatan berprofesi sebagai Petani.
Pesta rakyat di desa Sindang Kasih tersebut mendapat animo dan antusiasme yang tinggi dari ratusan warga.

Doddy Permana yang juga bertindak sebagai ketua panitia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyemarakkan hari ulang tahun desa Sindangkasih juga sebagai upaya untuk tetap mempertahankan tradisi di masyarakat meski tengah masa pandemi.

“Kami mengadakan beberapa lomba diantaranya karaoke, volly putra dan putri, sepak bola untuk anak-anak, lomba hiburan anak-anak, lomba lalap karung, tarik sarung, estafet tepung, panjat pinang dan lomba kebersihan antar dusun ,” kata Doddy

Dia menambahkan, dalam pesta rakyat yang diadakan secara sederhana tersebut, Hipmi Konsel ikut berpartisipasi menyumbang hadiah untuk para pemenang. “Mewakili masyarakat desa saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua BPC Hipmi Konsel atas partisipasi dan dukungan yang diberikan kepada Masyarakat Desa Sindang Kasih,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan