Gelar Bimtek Perencanaan Angkatan Pertama, Bappeda Kendari Optimis Ciptakan Pembangunan Daerah Unggul

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) perencanaan angkatan pertama di tahun 2022. Kegiatan ini untuk mendukung perencanaan pembangunan daerah yang unggul.

Kepala Bappeda Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengungkapkan, pelaksanaan Bimtek ini tidak lain untuk membantu kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) khususnya dalam bidang perencanaan pembangunan daerah. “Kegiatan ini insyallah sebagai ikhtiar nyata dan bertanggung jawab. Kita lakukan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut. Dalam upaya untuk interialisasi dan mengintegrasikan diri seluruh aparatur yang ada di Bappeda untuk menghasilkan dokumen perencanaan yang akan dijadikan pedoman nantinya,” ungkap Ridwan Senin (17/1/2022)

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, mengatakan Pemkot dalam hal ini Bappeda, harus mampu menciptakan rancangan perencanaan pembangunan daerah yang memiliki respon bagus. Baik dari pihak masyarakat maupun sinkronisasi dengan pemerintah pusat.

Kata Sulkarkarnain, melalui bimbingan teknis ini diharapkan bisa merumuskan perencanaan memiliki responsifitas yang bagus. “Bagaimana merespon dan mengakomodasi usulan masyarakat agar bisa di realisasikan atau paling tidak masyarakat tau bagaimana mekanisme agar program bisa mendapatkan penjelasan untuk bisa terealisasi di waktu yang jelas,” ucap Walikota.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, Pemkot harus mampu membaca peluang serta mengaitkan antara program pusat dengan potensi dan kapasitas yang ada di daerah. Agar program-program yang telah diusulkan daerah bisa mendapat perhatian sekaligus proporsi anggaran yang signifikan.

“Kita dalam melaksanakan tugas pemerintahan pembangunan daerah, tidak bisa lepas dari cita-cita besar negara. Oleh karena itu kita harus mampu mempertemukan antara program yang diturunkan pemerintah pusat dengan program yang kita usulkan. Kita harus bisa membaca sekaligus mengintegrasikan dengan kondisi lokal kita,” beber politikus PKS tersebut.

Untuk diketahui kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Claro tersebut akan berlangsung selama 4 hari sejak hari ini. Kegiatan ini juga turut menghadirkan 4 narasumber diantaranya, Tenaga ahli Kementerian PANRB, perwakilan Ditjen Bina Pembangunan Daerah, perwakilan  Kementerian Dalam Negeri Direktorat Keuangan Perencanan Penganggaran Daerah dan perwakilan Pustat Data dan Informasi (Pusdatin). Sekaligus melakukan pendalaman penyusunan rancangan RPD masa bakti 2023-2026 mendatang.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan