Perdana Diperayaan HPN, Lomba Baca Puisi Multimedia Tuai Pujian

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang dipusatkan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyajikan beragam jenis kegiatan. Diantaranya adalah Lomba Baca Puisi Multimedia.

Salah satu dewan juri lomba Syaifuddin Gani mengatakan, hal ini menjadi peristiwa yang penting bagi Kota Kendari. Tidak hanya dari dunia sastra tetapi juga pada dunia jurnalisme.

“Saya salut dengan panitia HPN, karena memasukkan Lomba Baca Puisi Multimedia di penyelenggaraan HPN tahun ini. Itu artinya, bahwa puisi dan sastra tidak dapat dipisahkan dari dunia jurnalisme. Karena kita tau banyak sastrawan yang juga wartawan dan begitupun sebaliknya,” katanya saat ditemui haluansultra.id Rabu (9/2/2022).

Diketahui, sayembara ini menjadi yang perdana sejak di gelarnya HPN. Menurut sastrawan Sultra tersebut, hal ini juga menjadi komitmen bersama para insan pers untuk membangun dan menghadirkan peradaban baru pada era digital di dunia pers Indonesia.

“Media kadang akan menjadi lebih bermakna dengan hadirnya rubrik kebudayaan. Dan hari ini kita melihat bahwa perpaduan antara perayaan hari pers dan sastra, ini menjadi hal yang menarik,” sambungnya.

Sementara itu, ditemui secara terpisah peserta peraih juara pertama Icamp Dompas mengutarakan, perlombaan ini menjadi inovasi baru yang dilakukan insan pers pada gelaran HPN. Sekaligus menggugah semangat masyarakat untuk bangkit dari wabah pandemi Covid-19, seperti tema yang diusulkan.

“Alhamdulillah dengan persiapan yang minim, di bawah binaan kakak Kunni Masrohanti kami bisa mendapat juara pertama. Ini merupakan ajang yang luar biasa, yang diadakan oleh panitia HPN karena sayembara pembacaan puisi sangat jarang di tampilkan dalam event seperti ini,” ujarnya.

Lomba yang mengusung tema “Bersemi di Tengah Pandemi” ini juga turut memberikan kesan yang sangat mendalam bagi para peresta. “Tentunya ini menjadi kebanggaan sekaligus keberuntungan Kota Kendari sebagai tuan rumah. Kendari dan Sulawesi Tenggara luar biasa,” ungkapnya.

Sebagai informasi, juara 1 lomba baca puisi multimedia dalam rangka HPN 2022 diraih oleh komunitas Rumah Sunting Riau dengan judul semah tanah,disusul oleh Panggung Toktan sebagai juara 2 dengan judul seperti pada awalnya, juara 3 di tempati oleh perwakilan Sumatera Barat dengan judul ratapan jendela, harapan 1 diraih oleh perwakilan Bali dengan judul mentari merekah gemilang, dan harapan 2 berhasil di raih oleh perwakilan Jawa Timur dengan judul catatan di kota sunyi.

Reporter : Erviana Hasan

Leave a Reply