Walikota Minta Pengurus Baznas yang Baru Dilantik Optimalkan Potensi Zakat

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Untuk meningkatkan kapabilitas penyaluran dana zakat lingkup Kota Kendari, Walikota Kendari Sulkarnain Kadir mengukuhkan pimpinan dan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari periode 2022 hingga 2027 mendatang.

Sulkarnain mengaku, hadirnya lembaga penyaluran dana zakat tersebut sangat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat-masyarakat kurang mampu, serta permasalahan sosial di masyarakat. Terlebih dimasa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 yang terus menghimpit ekonomi masyarakat.

“Alhamdulillah sudah kita kukuhkan pengurus untuk masa bakti 2022-2027, setelah melalui asesmen persetujuan dari Baznas pusat. Harapannya komisioner yang baru saja dikukuhkan bisa segera bekerja untuk mengoptimalkan potensi zakat di Kota Kendari,” katanya kepada haluansultra.id Rabu (13/4/2022).

Walikota berharap kepengurusan yang baru ini dapat menciptakan teribosan-terobosan baru, untuk merangkul seluruh target sasaran penyaluran dana zakat terkhusus mereka yang belum tersentuh oleh lembaga-lembaga penyaluran zakat yang ada.

“Kalau tahun 2017-2022 ini sudah mencapai angka 1,5 Miliar, harusnya 5 tahun kedepan bisalah tiga kali lipat jumlahnya. Kan tidak muluk-muluk itu, tinggal kreativitas dan kesungguhan teman-teman yang baru dikukuhkan ini yang kita harapkan,” ucapnya.

Sementara itu, ketua Baznas Kota Kendari terpilih H. Amri Natsir berharap para pengurus baru ini dapat terus bersinergi dengan seluruh pihak terkait untuk menjaga kepercayaan publik dalam penyaluran dana zakat.

“Sesuai dengan arahan dari Walikota kami pengurus yang baru dilantik akan langsung bergerak insyallah 2 atau 3 hari kedepan untuk menggarap potensi zakat yang ada yang saat ini baru mencapai 45% dari target 100%,” tuturnya.

Untuk mencapai target yang diberikan, H. Amri Natsir menyebutkan lembaganya akan melakukan beberapa strategi. Salah satunya adalah dengan gencar melakukan sosialisasi terkhusus di lingkup ASN Kota Kendari terkait SE Walikota tentang jumlah penyaluran dana zakat para ASN berdasarkan besaran pendapatan.

“Kan itu tersebar di seluruh OPD, mungkin setelah ini kita lihat laporan penyaluran zakat dari masing-masing OPD, dan nanti akan diketahui OPD mana yang belum maksimal menyalurkan zakatnya melalui Baznas,” terangnya.

Untuk diketahui pelantikan ini dilakukan oleh Walikota Kendari disaksikan langsung oleh Asisten I pada (12/4/22) di Hotel Zahra Kendari. Sedangkan formasi pengurus Baznas Kota Kendari periode 2022-2027 diisi oleh, Ketua H. Amri Natsir, Wakil Ketua I Mursid, Wakil Ketua II Achmad Muhdair, Wakil Ketua III Herniwati Kahar, dan Wakil Ketua IV Halim Asy’ari.

Reporter : Erviana

Tinggalkan Balasan