Kendari Metaverse, Terobosan Baru Pemkot Hadirkan Wisatawan di Kota Lulo

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari saat ini mempunyai  inovasi baru untuk menarik minat wisatawan melihat keindahan kota tanpa perlu berkunjung langsung di Kendari.

Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengatakan hal ini merupakan hasil kerjasama Pemkot bersama PT. Abadi Berkarya Indonesia bersama anak-anak muda yang terhimpun dalam beberapa komunitas di Kota Kendari.

“Mungkin ini masih menjadi hal asing bagi sebagian orang. Harapannya, Kendari selalu siap menyambut kemajuan di masa yang akan datang. Tetapi, tentu tidak serta merta meninggalkan entitas sebagai bagian dari budaya yang ada dan tumbuh di kehidupan masyarakat,” kata Sulkarnain Rabu (11/5/2022).

Pemkot menargetkan inovasi ini dapat di gunakan di bulan Agustus mendatang. Bertepatan dengan momentum hari kemerdekaan Indonesia. Sedangkan untuk anggarannya, Walikota mengungkapkan relatif jauh lebih murah dari proses pembangunan yang seutuhnya.

“Kita sedang mendevelope berbagai layanan antara lain, pariwisata, pelayanan publik, layanan kependudukan, pajak intinya segala hal akan menjadi mudah dengan hadirnya teknologi ini,” timpalnya.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan juga menilai tantangan di masa yang akan datang akan jauh lebih berat. Untuk itu kesiapan perlu dilakukan sejak dini. Agar mimpi untuk menjadikan Kota Kendari menjadi lebih maju dan sukses bisa terwujud.

“Ini menjadi inovasi baru, karena bagaimanapun perkembangan teknologi saat ini itu jauh lebih cepat dari apa yang kita perkirakan. Sehingga mau tidak mau, kita harus bisa menyesuaikan, kita harus mampu berbenah dan mempersiapkan diri,” kata Subhan kepada haluansultra.id.

Untuk diketahui kendari metaverse adalah sebuah teknologi terbarukan, yang di desain untuk menghadirkan visualisasi virtual yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata yang dikemas melalui platform internet.

Reporter : Erviana

Tinggalkan Balasan