Gempa Bumi 4.2 Magnitudo Guncang Kabupaten Muna, Masyarakat Diminta Tetap Tenang

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Gempa Bumi tektonik Magnitudo 4.2, mengguncang wilayah Maligano, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Sekira pukul 13:07:30 siang hari, Kamis (12/5/2022).

Saat dikonfirmasi haluansultra.id, Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rudin, mengatakan getaran gempa bumi ini juga ikut dirasakan masyarakat yang bermukim di Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kota Raha Kabupaten Muna. Hingga membuat masyarakat sempat panik dan berlarian keluar rumah.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan M=4.2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.71  LS, 122.79 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 6.3 km, Barat Laut Maligano, Kabupaten. Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 8 km,” kata Rudin, Kamis (12/5/2022).

Lebih lanjut kata Rudin, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, yang diakibatkan karena adanya aktivitas Sesar Buton B di Barat Laut Maligano, Kabupaten Muna.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hingga pukul 13.33 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” bebernya.

Sebagai informasi masyarakat juga imbau, untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan