Pj Wali Kota Kendari Ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Presiden membuka secara resmi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia 2023. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, mengikuti Rakornas yang di gelar di Sentul International Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat, Selasa (17/01/2023).

Presiden menyampaikan, apresiasi atas kerja keras semua pihak baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi COVID-19 di tanah air, dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi tetap terjaga. Jokowi mengibaratkan penanganan pandemi di tanah air, bagaikan gaya permainan sepak bola, di mana semua elemen mengambil peran.

“Kita ini betul-betul total football saat itu, pontang-panting semuanya lari ke sana ke mari, karena kita memang ingin COVID-19 bisa kita selesaikan,” ujarnya. Di tengah pandemi dan perlambatan ekonomi di sejumlah negara, Indonesia juga mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik.

Pada kuartal III-2022 ekonomi Indonesia, tumbuh 5,72 persen dan di kuartal IV-2022, diperkirakan tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen. Meskipun mampu melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022 dengan baik, Indonesia harus tetap waspada karena 2023, masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

“Semuanya harus hati-hati, harus bekerja keras, mendeteksi informasi-informasi dan data-data yang ada di lapangan, sehingga jangan sampai kita keliru membuat kebijakan. Sekecil apapun kebijakan itu harus berbasis pada data dan fakta-fakta di lapangan,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan, kolaborasi antara instansi pusat dan daerah, mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di tanah air pada 2022. “Tingkat inflasi juga terkendali.

Sesuai dengan data Badan Pusat Statistik [inflasi] pada September 2022 5,95 persen, kemudian pada Oktober 2022 turun 5,71 persen, dan November 2022 turun 5,40 persen, dan untuk terakhir Desember terjadi kenaikan 5,51 persen, karena adanya pola demand yang bersifat seasonal atau musiman, adanya Hari Raya Natal dan perayaan tahun baru,” imbuh Tito.

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023 ini, mengusung tema “Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”. Turut hadir dalam Rakornas tersebut, Kapolresta Kendari, Kajari Kendari, Dandim 1417 Kendari, dan Ketua DPRD Kota Kendari, acara ini di ikuti oleh 4.545 peserta. (HS)

Tinggalkan Balasan