Golkar Sudah Punya Nama Calon Menpora Baru Pengganti Zainudin Amali

HALUANSULTRA.ID – Isyarat mundur yang dilontarkan Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) langsung ditanggapi Partai Golkar. Nama-nama kader itu akan Golkar kirim ke Presiden, jika nantinya Zainudin Amali resmi mundur dari jabatan Menpora. Hal itu ditegaskan Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono di Jakarta, Selasa (20/02/2023). Seperti yang dilansir dari laman herald.id.

Mereka mengaku sudah menyiapkan nama pengganti. Dave mengaku, belum bisa menyebutkan siapa saja nama-nama yang Golkar siapkan sebagai pengganti Zainudin Amali. Menurut dave, hingga saat ini Partai Golkar masih menunggu permintaan dari Jokowi, untuk menyerahkan nama-nama sebagai calon Menpora pengganti Zainudin Alami.

“Nanti dikembalikan ke presiden, bagaimana menurut pandangan beliau (terkait siapa pengganti Zainudin),” kata Dave. Ia mengatakan, Golkar memiliki banyak stok kader yang memiliki kompetensi menjadi menteri, termasuk menjadi Menpora.

“Golkar mah banyak kadernya yang mampu, tinggal presiden yang menentukan,” tegasnya. Secara terpisah, Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya mengatakan, terkait penggantian Zainudin Amali semuanya tergantung Ketua Umum Partai Golkar. Menurutnya, Airlangga Hartarto yang akan memutuskan siapa yang akan diajukan ke Presiden.

“Golkar itu partai kader. Jadi saya selalu menyebut bahwa Golkar itu kawah candradimuka, tempat pembentukan dari calon-calon pemimpin bangsa di berbagai tingkatan,” terang Tantowi. “Jadi ketum dalam hal ini tidak terlalu gusar dan mencari siapa pengganti (Zainudin), karena Golkar itu partai kader dan partainya sudah disiapkan untuk posisi-posisi apapun,” lanjutnya.

Zainudin Amali sebelumnya, memberi isyarat untuk mundur dari jabatan Menpora jika terpilih menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI. “Tadi saya secara pribadi sudah melapor ke pak presiden, tentu beliau sudah mengetahui tentang saya terpilih sebagai salah satu waketum PSSI,” kata Zainudin.

Ia menyebut, dirinya memang berniat fokus pada sepak bola saja. Dan hal tersebut, dia sampaikan langsung kepada Jokowi. Presiden sudah memberikan lampu hijau kepada Zainudin Amali yang ingin mundur dan fokus pada sepak bola.

“Beliau menyerahkan kepada saya, karena saya menyampaikan kepada teman-teman harus memilih, dan saya sampaikan ke presiden “bapak saya akan fokus dan berkonsentrasi untuk menjadi pengurus PSSI,” ujar Amali. “Dan itu dipahami oleh beliau, dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus mengurus sepak bola,” tandasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan