Bom Peninggalan Perang Dunia II Ditemukan di Kendari, Tim Jibom Brimob Langsung Musnahkan

HALUANSULTRA.ID – Sebuah bom diduga peninggalan Perang Dunia II ditemukan di Komplek Perumahan The Villas Kelurahan Wundudopi Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Selasa 04 April 2023 sekitar pukul 10.45 Wita.

Bom itu ditemukan oleh buruh bangunan ketika melakukan penggalian tanah untuk cakar ayam bangunan rumah. Kapolresta Kendari, Kombes Pol Eka Faturahman mengatakan, awalnya dua orang buruh Aco dan Agung sedang menggali tanah pada kedalaman dua meter untuk pondasi cakar ayam bangunan perumahan THE VILLAS.

Saat sedang menggali tiba – tiba mereka melihat benda berupa besi yang diduga Bom. Keduanya pun melaporkan benda tersebut kepada mandor atas nama Tolo dan lanjutkan ke pengawas, Salim.

“Setelah mendapat informasi dari anak buahnya, selanjutnya pak Salim berkordinasi dengan Bhabinkamtibmas Kelurahan Wundudopi Aipda Yosef Dammanto,” kata Kapolres, Selasa 4 April 2023.

Anggota Bhabinkamtibmas yang mendapat laporan kemudian melaporkan ke Polsek Baruga untuk dilakukan pengamanan tempat benda tersebut. Kata Kapolres, Slsekitar pukul 12.00 Wita Tim Jibom Brimob Polda Sultra yang dipimpin oleh Wadanden Gegana Brimobda Sultra AKP I Made Edi tiba di lokasi selanjutnya melakukan sterilisasi lokasi.

“Benda yang diduga bom tersebut diangkat dari dalam galian pondasi selanjutnya dilakukan pembersihan dan pengecekan kondisi bom. Benda yang ditemukan berupa Bom curah yang diduga berasal dari Pesawat perang Dunia II. Ukuran Bom Diameter 20 cm panjang 104 Cm,” jelasnya.

Setelah dilakukan koordinasi, tambah Kapolres, disepakati benda yang diduga Bom tersebut segera dimusnahkan. Sekitar pukul 14.20 Wita Bom dievakuasi menggunakan mobil Patroli Polsek Baruga kemudian diamankan di Mapolsek Baruga sambil menunggu hasil survey lokasi pemusnahan.

“Tepat 15.40 Wita, bom dievakuasi menuju Kelurahan Anggalomelai Kec. Abeli untuk dilakukan pemusnahan (Disposal). Nah pukul 17.05 Wita Pemusnahan (Disposal) dilakukan situasi aman dan terkendali,” tutup Kapolres. (HS)

Tinggalkan Balasan