BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas di Indonesia

HALUANSULTRA.ID – Beberapa hari ini suhu terasa panas. Senior Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Muhammad Hakiki, menjelaskan pemicu suhu panas beberapa hari ini. Ada lima penyebab utama suhu panas ini adalah, pertama, dinamika atmosfer yang tidak biasa hampir di seluruh wilayah Asia termasuk Indonesia.

Kedua, gerakan semu matahari yang menambah lonjakan panas dari sebelumnya. Ketiga, tren pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga banyak negara lain. Keempat, Indonesia memasuki musim kemarau. Di mana BMKG memprediksi musim kemarau bakal terjadi pada kisaran April sampai September 2023. Kelima, karena intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan.

Diketahui, Ciputat dan Tangerang Selatan mencatat suhu maksimum harian tertinggi pada dasarian II April, tepatnya pada 17 April 2023. Suhu maksimum tercatat 37,2 derajat celcius. Ada lima saran, yakni menyiapkan segala perlengkapan dan obat-obatan saat mudik lebaran, menyiapkan fisik yang sehat ketika berkendaraan, selalu melakukan update informasi arus mudik lebaran dari berbagai kanal media.

Selalu konsumsi air putih cukup agar terhindar dari dehidrasi, dan selalu melakukan update informasi cuaca di jalur mudik lebaran melalui website BMKG, mobile apps infoBMKG, media sosial BMKG (Instagram, Twitter, YouTube, infoBMKG), dan call centre 196). (HS)

Tinggalkan Balasan