Pegawai RSUD Antero Hamra Kendari Terima SK, Direktur Ungkap RS Banyak Masalah

HALUANSULTRA.ID – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhamad Yusuf, menyerahkan SK tenaga kesehatan dan non kesehatan pada pegawai rumah sakit umum daerah (RSUD) Antero Hamra. Acara berlangsung di RSUD Antero Hamra, Senin (29/1/2024). Pj Wali Kota mengatakan, para pegawai yang baru menerima SK diminta untuk bekerja dengan baik dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, khususnya pasien RSUD Antero Hamra.

Muhamad Yusuf mengakui, pemanfaatan RSUD Kota Kendari sebenarnya belum layak, karena dari sisi fasilitas atau saran dan prasarana belum memadai, seperti listrik yang belum stabil dan belum tersedia fasilitas air bersih. “Sesungguhnya ini belum layak, karena yang paling utama itu tiga hal untuk rumah sakit yakni, listrik, air dan tenaga medis,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Pj Wali Kota Kendari meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menyelesaikan penyediaan sarana yang belum memadai, sehingga rumah sakit bisa digunakan. Hal lain juga disampaikan Pj Wali Kota Kendari terkait penanganan stunting. Kepala BPBD Sulawesi Tenggara ini meminta tenaga medis di Kota Kendari untuk mengedukasi masyarakat agar terhindar dari stunting.

Sebelumnya, Direktur RSUD Antero Hamra Fatmayunita melaporkan, hingga saat ini rumah sakit Antero Hamra masih belum beroperasi karena terdapat sejumlah kendala, seperti kekurangan sumber daya manusia, fasilitas listrik dan air belum memadai, termasuk belum memiliki izin operasional. “Rumah sakit ini sudah dilakukan soft launching tahun 2023 dan kami berharap tahun 2024 bisa diresmikan,”ungkapnya dilansir dari laman resmi Pemkot.

Untuk proses pengurusan izin sudah pernah dilakukan kunjungan dari Dinas Kesehatan Kota Kendari dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, namun karena masih kekurangan sarana dan prasarana, sehingga izinnya belum keluar. Dia berharap dengan dukungan Pj Wali Kota Kendari untuk melengkapi sejumlah fasilitas, izin operasional rumah sakit Antero Hamra bisa segera keluar dan RSUD Antero Hamra bisa digunakan. (AL/DH/HS)

Tinggalkan Balasan