DPRD Sultra Dukung Pemilu, Pilpres dan Pilkada Damai dan Demokratis

HALUANSULTRA.ID – Wakil Ketua DPRD Sultra, Nursalam Lada, mengatakan DPRD Sultra tentunya mendukung terwujudnya pemilu damai di tahun 2024 ini. Menurutnya, gelaran pemilu merupakan pesta demokrasi yang harus disambut dengan gembira, serta suka cita penuh dengan kedamaian, sehingga dapat menciptakan persatuan dan kesatuan yang kuat. “Tentunya kita harus bergandengan tangan, bersinergi, agar pemilihan umum berjalan damai, kondusif,” katanya.

Legislator PDI Perjuangan Dapil IV, Wakatobi, Buteng, Busel, Buton dan Baubau ini mengemukakan bahwa pemilu yang berkualitas adalah pemilu yang berjalan aman, damai, dan tertib tanpa konflik yang dapat memecah-belah masyarakat. Semakin cerdasnya pemilih itu juga tergantung kepada para peserta yang mengajak masyarakat ambil bagian dalam pemilihan umum dalam masa kampanye.

“Intinya, berbeda pilihan bukan penghalang bagi kita untuk tetap bersatu, dan dalam gelaran pemilu harus bisa kita wujudkan suasana yang damai, aman dan kondusif tanpa harus berselisih. DPRD Sultra berkomitmen penuh mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu, Pilpres dan Pilkada 2024.” ucapnya, Senin, 5 Februari 2024.

Untuk itu, lanjut Nursalam Lada, dalam rangka mewujudkan pemilu damai khususnya di Sultra, ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat tetap menjaga kondusifitas wilayah, serta menentukan pilihan sesuai hati dan nurani. “Pada tanggal 14 Februari mendatang pemilu memilih calon wakil rakyat pusat maupun daerah dan presiden akan dimulai, maka salurkanlah hak suara dengan baik dan sesuai hati nurani,” jelasnya.

Aksan Jaya Putra

Sebelumnya, Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Aksan Jaya Putra, menegaskan jika DPRD sangat mensupport suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024. Dia pun berharap pelibatan publik dalam pengawasan Pemilu 2024 di Bumi Anoa Sultra akan melahirkan pemilu yang sehat dan bersih. Hal itu diungkapkan menyikapi keterlibatan warga masyarakat dalam melakukan pelipatan surat suara hingga pengawalan aparat keamanan terhadap logistic yang telah terdistribusi di semua KPU Kabupaten dan Kota di daerah ini.

Menurutnya, pengawasan dan pengawalan terhadap logistic Pemilu di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara dipastikan semua aman berkat kolaborasi penyelenggara dengan semua pihak dalam menyukseskan Pemilu 2024. “Saya kira ini sangat penting, kalua berbicara pengawasan Masyarakat paling Ketika terlibat dalam pelipatan surat suara, kalu pengantaran logistic kan sudah teratur dan dikawal aparat keamanan, saya kira pasti aman-aman saja di Sultra,” kata Aksan di Kendari.

Politisi dari partai Golkar itu juga menaruh harapan kepada seluruh kontestan bahwa dalam sosialisasi ataupun bentuk kampanye di masyarakat mengedepankan program yang akan dilakukan ketika terpilih serta tidak melakukan kampanye hitam.

“Sekarang yang terpenting bagaimana para kandidat atau kontestan bisa meyakinkan masyarakat, bahwa mereka memperjuangkan hak-hak warga sehingga ketika mereka duduk itu sesuai dengan komitmennya sehingga tidak ada kesan lebih banyak janji daripada bukti,” ujarnya. (HS)

Tinggalkan Balasan