Real Count KPU Terbaru, Pagi Suara Kerry Konggoasa 32.817, Malam Sisa 29.686

HALUANSULTRA.ID – Keakuratan perhitungan suara Real Count resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) patut dipertanyakan. Berdasarkan hasil temuan, data real count perhitungan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI yang terdapat di situs resmi pemilu2024.kpu.go.id cenderung berubah-ubah setiap waktu. Bahkan, suara Caleg bukannya bertambah tapi malah berkurang.

Contohnya, suara Caleg DPR RI dari partai NasDem Sulawesi Tenggara (Sultra), Kerry Saiful Konggoasa. Senin 19 Februari 2024 pagi pukul 09.00 Wita, suara terekap di laman Web KPU perolehan sementara 32.817 suara.

Kemudian siang pukul 13.00 Wita, suara Kerry berkurang jadi 39.135 suara. Selanjutnya pada malam hari pukul 21.00 Wita suara mantan Bupati Konawe tersebut kembali berkurang sisa 29.686 suara.

Pemerhati Demokrasi Sultra, Midha Karim mengatakan, KPU harus memberikan penjelasan secara detail terkait hilangnya suara Caleg. Praktek-praktek seperti ini lanjut dia, tentunya mencederai proses pemilu yang bersih dan adil.

“KPU selalu beralasan kan ada kesalahan pada system input data sirekap. Sementara sampai saat ini juga tidak diperbaiki,”ucapnya.

Ia menambahkan, saat ini publik sudah lebih mudah mengecek dan mengawal suara dalam proses pemilu, dan sebaiknya praktek kecurangan yang hanya berpihak pada salah satu calon legislatif itu ditiadakan karena sekarang semua sudah berbasis data yang terbuka. (Imn/HS)

Tinggalkan Balasan