Jokowi Resmi Lantik AHY Jabat Menteri ATR, Hadi Jadi Menko Polhukam

HALUANSULTRA.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai Menteri ATR atau Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN. Sedangkan Hadi Tjahjanto jadi Menkopolhukam. Keduanya dilantikpukul 11.00 WIB di Istana Merdeka, Jakarta. Pelantikan keduanya dihadiri para menteri Kabinet Indonesia Maju, juga para kerabat AHY dan Hadi Tjahjanto.

Upacara pelantikan berlangsung tertib. “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Setelah itu, prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. Hadi awalnya merupakan Menteri ATR. Hadi menjadi Menko Polhukam untuk menggantikan Mahfud Md, yang mundur karena menjadi cawapres dalam Pemilu 2024. Sementara itu, AHY akan mengisi posisi yang ditinggalkan Hadi di Kementerian ATR. Selain melantik dua menteri, Presiden Jokowi juga akan mengambil sumpah jabatan anggota Komisi Kejaksaan. (bs/HS)

Tinggalkan Balasan