Mahasiswa UHO Rebut Perak Kejurnas Karate di Jawa Barat

HALUANSULTRA.ID — Devitriana atlit karate asal Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih perak di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate bertajuk Piala Ketua Umum PB FORKI 2021 di GOR Sabilulungan, Komplek si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada 5-7 November 2021.

Mahasiswa Ekonomi Akuntansi UHO ini berhasil menembus partai final kumite +68 kg under 21 putri, meskipun harus mengakui keunggulan lawan dari Hera, Jawa Barat dengan skor 5-3. “Alhamdiulillah Devitriana berhasil meriah perak. Ini bukan hal yang mudah sebab untuk menembus partai puncak, sejumlah lawan tangguh harus dihadapi,” ucap Sekum PB FORKI Sultra, Isnain Kimi, kepada awak media.

Sebanyak 700 karateka se-Indonesia berpartisipasi dalam ajang ini. Mereka beradu kemampuan untuk menjadi yang terbaik. Karate yang berpartisipasi terbagi di tiga kelompok usia. Masing-masing kategori Cadet (14-15 tahun), Junior (16-17 tahun), U-21 (18-21 tahun). Dari total 34 provinsi dan 25 perguruan, terdapat 4 provinsi, 3 perguruan tidak mengirimkan perwakilannya pada kejurnas kali ini.

Sekum FORKI Sultra, Isnain Kimi (Kanan) bersama Devitriana

Isnain menjelaskan, prestasi yang diraih Devitriana merupakan hal yang patut disyukuri, karena target jangka menengah yaitu bisa meloloskan karateka di PON terbuka lebar. Artinya sudah ada atlet yang bisa diandalkan untuk bertarung saat Pra PON.

“Salah satu kekurangan atlet kita itu jam terbang. Makanya kami selalu berusaha memperbanyak pengalaman tanding atlet,” jelasnya. Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Sultra ini pun berharap seluruh pergurus karate di Sultra selalu mempersiapkan petarung menuju kejuaraan lebih besar. “Hal ini peting agar cabor karate tidak ketinggalan tehnik,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan