Presiden Minta Panglima TNI Jaga Kedaulatan, Persatuan dan Kesatuan

HALUANSULTRA.ID- Presiden RI meminta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta persatuan dan kesatuan Indonesia. “Baru saja kita lantik Laksamana TNI Yudo Margono, di samping saya, sebagai Panglima TNI.

“Pesan pertama saya kepada Panglima TNI agar menjaga kedaulatan NKRI, kedua menjaga kesatuan dan persatuan,” ujar Presiden dalam keterangannya usai melantik Laksamana Yudo Margono, Senin (19/12/2022), di Istana Negara, Jakarta. “Sekarang kepercayaan tertinggi masyarakat ada pada TNI, dijaga dengan profesionalisme dan harus ditingkatkan,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan pemilihan umum (pemilu), yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Presiden, menegaskan pentingnya TNI untuk tetap menjaga netralitas, sehingga tidak terjerumus ke dalam politik praktis. Selain itu, Presiden menekankan agar TNI dan Polri meningkatkan kesinergisan dalam rangka menjaga situasi kondusif di dalam negeri.

“Stabilitas politik, juga keamanan itu penting dalam rangka pembangunan negara kita, pertumbuhan ekonomi dalam situasi yang tidak pasti karena ketidakpastian global,” tuturnya. Kemudian terkait konflik di Papua, Presiden menekankan pentingnya pendekatan humanis disertai ketegasan untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan di Papua, utamanya yang berkaitan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Karena jika tidak tegas di sana, KKB terus berbuat seperti itu, sehingga tidak akan menyelesaikan masalah,” pungkasnya. Panglima TNI Laksamana Yudo, mengatakan bahwa dirinya akan segera menjalankan sejumlah tugas yang telah diamanatkan Presiden kepada dirinya. “Tugas pertama menjaga kedaulatan, persatuan kesatuan, mempertahankan citra TNI yang menjadi kepercayaan masyarakat. Itu akan menjadi prioritas saya,” ucap Yudo. (HS/JW/UN)

Tinggalkan Balasan