Ketua DPRD Sultra : PERKHAPPI Sultra Harus jadi Ujung Tombak Mengurai Masalah Tambang

HALUANSULTRA.ID, Kendari — Ketua DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Abdurrahman Shaleh hadir langsung dalam acara pelantikan DPW Perhimpunan Konsultan Hukum Pertambangan Indonesia (PERKHAPPI) Sulawesi Tenggara (Sultra). Abdurrahman menginginkan PERKHAPPI bisa menjadi ujung tombak mengurai permasalahan investasi pertambangan di daerah.

“Saya sangat berharap besar kepada ketua terpilih bersama semua pengurus yang baru saja dilantik bisa melihat dan mencermati permasalahan pertambangan di Sultra sampai saat ini tidak pernah selesai,” ucapnya.

Ketua DPW PAN Sultra ini pun membeberkan sering nama Ketua DPRD Sultra “dijual” untuk memuluskan usaha tambang. Nah maraknya masalah tambang bisa dilihat dari banyak aksi unjukrasa yang mendatangi gedung DPRD. “Demo yang paling banyak di DPRD Sultra itu masalah tambang. Ada yang demo idealis dan ada yang demo rental. Ada yang demo minta RDP (rapat dengar pendapat) begitu RDP tidak hadir semuanya,” katanya.

Abdurrahman menambahkan, masalah pertambangan di Sultra tidak pernah tuntas, karena ada yang menari di atas gendang, berkolaborasi antara penambang yang merasa hebat dengan para pengambil kebijakan. “Kalau bisa ada solusi dari PERKHAPPI Sultra soal masalah tambang,”
tegas Abdurrahman saat memberikan sambutan dipelantikan pengurus DPW PERKHAPPI Sultra, Sabtu (11/12/2021).

Dia berharap pengurus PERKHAPPI bisa mengemban amanah, memperbaiki serta mengintropeksi apa yang terjadi. Jangan memperkeruh suasana tetapi menemukan apa yang menjadi akar masalah. “Sehingga ada solusi bagi kita baik pemerintah, instansi, LSM dan stakeholder yang ada di Sulawesi Tenggara,” tutup ARS.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan