Ujian Digelar Online, Sekolah Diminta Siapkan Komputer dan Smarphone

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Usai melaksanakan uji coba persiapan pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) berbasis online, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) menghimbau sekolah untuk memfasilitasi siswa yang tidak memiliki perangkat komputer ataupun handphone.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Dikmudora Kota Kendari, Muchdar Alimin mengatakan, pelaksanaan UAS di lingkup Dikmudora Kota Kendari akan diselenggarakan secara online. Mengingat penyebaran wabah pandemi Covid-19 yang belum usai.

“Jadi untuk ujian sekolah tahun ajaran 2021/2022 ini kita laksanakan secara online. Tidak hanya menggunakan perangkat komputer, tetapi juga bisa menggunakan smartphone,” kata Muchdar saat ditemui haluansultra.id Rabu (2/2/2022).

Ia menambahkan, mulai hari ini hingga Jumat mendatang Dikmudora Kota Kendari tengah melaksanakan uji coba sistem dan pelaksanaan UAS pada jenjang SD. “Hari ini sampai dua hari kedepan itu kita uji coba sistem USBK di SD, dan tadi itu juga di ikuti 127 sekolah dengan total siswa yang ikut itu ada 5.929 siswa,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, nantinya saat pelaksanaan ujian para siswa akan menggunakan akun belajar yang telah di fasilitasi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk masuk dan bisa mengakses soal.

“Alhamdulilah secara umum rata-rata sekolah tidak ada kendala, hanya saja sedikit terhambat pada kendala teknis seperti beberapa siswa lupa password akunnya. Tapi kami kasih solusi supaya tidak repot sekolah bisa menyediakan format tersendiri untuk list akun beserta passwordnya,” ucapnya.

Untuk itu ia berharap, sekolah dapat menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan baik selama ujian berlangsung. Serta memfasilitasi para siswa yang tidak memiliki perangkat untuk mengakses soal-soal ujian.

“Harapannya, untuk sekolah mohon di data siswa yang tidak memiliki perangkat, jangan di paksa kalau memang mereka tidak punya kewajiban sekolah untuk memfasilitasi. Sehingga orang tua siswa tidak merasa terbebani, dan untuk para siswa tetap belajar yang tekun dan menjaga kesehatan. Dan yang terpenting tetap laksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Untuk diketahui pelaksanaan Tryout UAS jenjang SMP akan dimulai pada 21 Februari – 25 Februari 2022, pada tingkat SD akan dimulai pada 7 Maret – 10 Maret. Sedangkan untuk pelaksanaan UAS pada jenjang SMP akan digelar pada 28 Maret – 1 April dengan total 10 mata pelajaran, dan jenjang SD 18 April -21 April dengan 8 mata pelajaran.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan