Pameran Promosi UMKM HPN 2022, Pemkab Koltim Promosikan Produk Unggulan Pertanian

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Ikut mengihiasi pameran promosi potensi produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan potensi peluang investasi daerah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) memamerkan beragam produk unggulan pertanian.

Kepala Dinas (Kadis) Pangan Koltim Idarwaty mengungkapkan, hal ini menjadi salah satu kesempatan baik terutama bagi Pemkab untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam mengenalkan produk-produk pertanian. Sebagai langkah mendorong kemajuan UMKM serta peluang investasi daerah.

“Di pameran HPN 2022 ini seluruh Kepala Dinas, Kepala Bagian, dan Camat lingkup Kolaka Timur itu ikut hadir. Dan kami juga ikut mempromosikan produk unggulan pertanian seperti coklat, holtikultura, sayuran, buah-buahan, dan pengolahan gula aren,” katanya Senin (7/2/2022).

Dikatakannya, saat ini Pemda Koltim juga tengah fokus pada pengembangan tanaman Sorgum. Diketahui, Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan. Sorgum juga berada pada urutan kelima setelah gandum, jagung, padi dan jelai.

“Kalau untuk spesifikasi pangan kami juga hadirkan tanaman Sorgum, dimana tanaman ini bisa digunakan untuk pengganti beras yang tinggi serat dan kalsium. Tetapi tetap rendah gula, nah ini yang sementara kami kembangkan menjadi aneka produk,” ujarnya.

Disamping itu, ia juga turut mengapresiasi seluruh rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang dipusatkan di Kota Kendari. Untuk itu, ia berharap hal ini dapat menjadi upaya yang berkelanjutan guna memperkenalkan produk pertanian daerah ke lintas daerah maupun negara serta mendukung peningkatan ekonomi.

“Kita harap dengan adanya pameran HPN seperti ini, produk-produk pertanian yang bahan bakunya bersumber dari Kolaka Timur bisa dikenal masyarakat luas,” jelasnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan