Puluhan Ribu Vaksin AstraZeneca di Kendari Expired Februari Lalu

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Sebanyak 10. 280 dosis vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca expired expired, Senin 28 Februari 2022. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari, Rahminingrum membeberkan, vaksin tersebut sebelumnya sudah tersalurkan untuk fasilitas kesehatan TNI/Polri, dan Dinkes Kota Kendari.

“Ada vaksin AstraZeneca, itu kedaluwarsa 28 Februari 2022. Dan itu sebelumnya sudah terdistribusi di berbagai fasilitas kesehatan,” katanya Sabtu (19/3/2022).

Menurutnya, hal ini terjadi akibat berlimpahnya stok pengiriman dari pusat, sedangkan penyaluran kepada masyarakat masih relatif minim. Diketahui saat ini, stok vaksin yang tersedia di Kota Kendari hanya jenis Sinovac dan Pfizer .

Kadis mengungkapkan, khusus vaksin Astra Zeneca yang sudah habis masa berlakunya. Sedangkan untuk vaksin jenis Sinovac masih tersedia dan dibutuhkan untuk percepatan vaksinasi anak. “Untuk stok vaksin yang tersedia sekarang  memang hampir menipis. Apalagi jenis Sinovac, untuk stok di Dinas Kesehatan sendiri sudah tidak sampai seribu dosis,” ujarnya.

Reporter : Erviana

Tinggalkan Balasan