KSOP Kelas IIA Kendari Cek Kondisi Kapal Penumpang Jelang Mudik Lebaran

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIA Kendari melaksanakan remcek atau pengecekan kapal-kapal yang akan disiapkan untuk beroperasi jelang mudik nanti. Kepala KSOP Kelas IIA Kendari, Agus Winarto mengatakan, pengecekan kapal ini dilaksanakan untuk mengantisipasi jika ada temuan-temuan yang tidak diinginkan seperti alat keselamatan, masalah sekoci.

“Intinya seluruh aspek keselamatan dalam kapal kami cek semua. Supaya ada waktu perbaikan, apabila ada kerusakan atau temuan saat berlayar bisa berakibat fatal,” ucap Agus, Selasa (5/4/2022).

KSOP kata dia, sudah meminta kepada operator kapal untuk menyiapkan kapal-kapal cadangan jelang mudik nanti. Hal ini menjadi tanggung jawab KSOP untuk aspek kelancaran, keselamatan, keamanan, ketertiban. “Masyarakat ini sudah lebih 2 tahun sudah tidak mudik mungkin mudik tahun ini diperkirakan akan sangat besar,” bebernya.

Lanjut Agus, terdapat 27 kapal saat ini. Hanya saja yang beroperasi hanya 8 unit saja. Sejumlah kapal dalam perbaikan. “Sekali lagi ya, kami meminta operator kapal untuk menyiapkan cadangan nanti jika arus penumpang membludak dan aspek keselamatan nomor satu ,” tegasnya.
“Untuk masyarakat yang mudik nanti harus mematuhi protokol kesehatan dan juga sudah melalukan vaksin 1 dan ke dua dan juga sudah melakukan antigen,” tutupnya.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan