Kasus Penyakit Hepatitis Misterius Belum Ada di Sultra, Dinkes Imbau Tetap Waspada

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai bertindak dalam rangka pencegahan terhadap masuknya penyakit Hepatitis misterius di daerah ini.
Penyakit ini dilaporkan telah masuk di Tanah Air, bahkan sudah ada empat kasus dan akhir-akhir menyerang Anak-anak di kawasan Amerika, Eropa dan Asia.

Di Indonesia dikabarkan semua yang terkena penyakit tersebut meninggal dunia. Pemprov Sultra, meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyakit hepatitis misterius ini. Menurut, Kepala Dinkes Sultra dr Putu Agustin Kusumawati kasus hepatitis misterius ini sudah diumumkan oleh WHO sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Akan tetapi yang patut disyukuri, penyakit ini belum teridentifikasi di Bumi Anoa.

“Untuk kasus penyakit hepatitis misterius belum ada di Sultra. Jadi belum ada yang mencurigakan. Tapi kami minta warga tetap waspada,” katanya saat di Kendari, Selasa (10/05/22).

Sejauh ini, Dinkes Sultra terus melakukan koordinasi dengan beberapa daerah di Sultra termasuk rumah sakit, namun belum ada kasus tersebut. Agustin melanjutkan, semua langkah-langkah pencegahan telah dilakukan ke kabupaten/kota yang ada di Sultra termasuk lintas sektor.

Misalnya, pihak perhubungan, bandara dan pelabuhan mengantisipasi arus masuk penumpang dan barang. Artinya setiap barang akan dilihat SOP seperti apa untuk penanganan barang kargo yang masuk. “Jadi ada tambahan perlakuan untuk barang-barang apalagi dari luar negeri. Dan tetap percepatan vaksin anak kita mulai genjot setelah lebaran ini sampai 100% karena ini salah satu langkah memberikan imunitas untuk anak-anak kita,” tukas Agustin.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan