Cegah Penangkapan Ikan Secara Ilegal, PPS Kendari Sosialisasi Penggunaan E-Logbook

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari melakuka sosialisasi penggunaan aplikasi e-Logbook. Kegiatan yang melibatkan sejumlah nelayan digelar untuk mencegah illegal unreported and unregulated (IUU) fishing atau praktik penangkapan ikan ilegal, tidak terlaporkan dan menyalahi aturan.

Kegiatan sosialisasi e-Logbook dibuka oleh Kepala PPS Kendari, Syahril Abd Raup dan menghadirkan pemateri dari Direktorat Sumber Daya Ikan, Ditjen Perikanan Tangkap, KKP. Selain itu sosialisasi e-logbook dihadiri instansi terkait, stakeholder dan nelayan

Menurut Syahril, aplikasi E-logbook adalah sebuah catatan harian nelayan dalam bentuk aplikasi yang berisi catatan aktivitas para nelayan di laut. Isinya itu seperti data-data identitas kapal dan nelayan beserta ABK, alat tangkap yang digunakan. ” Termasuk jenis ikan yang ditangkap, titik koordinat atau dimana ikan itu ditangkap,” katanya, Kamis (21/7/2022) di Kantor PPS.

Lebih lanjut kata Syahril, tujuan penggumakan aplikasi e-Logbook adalah untuk kelengkapan pendataan agar data-data yang disajikan lebih cepat dan akurat. “Dengan adanya e-Logbook nelayan dapat mengisinya secara langsung, cukup mudah tinggal mendownload aplikasinya melalui handphone android mereka,” jelasnya.

Jika dulu nelayan harus mengisi manual dengan kertas, sekarang mereka cukup mengisi dengan menggunakan handphone.
Syahril juga menambahkan, sejak diluncurkan pada tahun 2018 lalu, seluruh kapal perikanan di PPS Kendari sudah menggunakan E-Logbook.

“Kapal perikanan yang melakukan aktivasi e-Logbook sampai sekarang itu jumlahnya sekitar 406 unit kapal. Saya berharap seluruh kapal perikanan di PPS Kendari semakin aktif dan patuh dalam penerapan e-Logbook penangkapan ikan,” pungkasnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan