Tembus Final AFC Cup 2022, PSM Makassar Ukir Sejarah

HALUANSULTRA.ID – PSM Makassar berhasil melaju ke partai puncak AFC Cup Zona ASEAN. Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali Selasa (9/8/2022), anak asuh Bernardo Tavares mampu menumbangkan Kedah Darul Aman FC dengan skor 2-1.

Kemenangan ini pun menjadi sejarah bagi tim “Juku Eja”. Ya mereka baru saja menorehkan sejarah sebagai tim Indonesia pertama yang berada di final turnamen tersebut. Di babak final nanti, PSM akan bertarung melawan pemenang antara Viettel FC (Vietnam) dengan Kuala Lumpur City FC (Malaysia).

Pelatih PSM, Bernardo mengaku senang timnya bisa menembus partai final. Soal lawan, untuk tim KLFC pihaknya sudah sedikit banyak mengetahui peta kekuatannya. Ini karena PSM Makassar pernah menghadapi KLFC di fase grup H. Saat itu skor imbang 0-0. “Kalau Kuala Lumpur (KLFC) kita sudah tahu sedikit tentang mereka. Kalau tim dari Vietnam belum banyak tahu,” ucapnya, saat konferensi pers usai pertandingan di Bali, Selasa (9/8/2022)..

Untuk diketahui, Gol PSM Makassar dicetak Yakob Sayuri di menit ke-31 dan Yuran Fernandes di menit ke-54. Sedangkan gol Kedah dicetak Fayadh Zulkifli pada menit ke-86. Sebagai informasi, sejak AFC Cup 2017, belum pernah ada tim Indonesia yang mampu melaju hingga babak final Zona ASEAN. Jika mundur ke belakang untuk menelusuri sejarah, pertama kali format ada babak Zona ASEAN baru diselenggarakan pada edisi 2017. Namun klub-klub Indonesia baru bertarung di AFC Cup pada edisi 2018. (HS)

Tinggalkan Balasan