Tingkatkan Kecakapan Literasi Masyarakat, Perpustakaan Nasional Gelar Pelatihan Menulis di Kota Kendari

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Demi meningkatkan kecakapan literasi masyarakat, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) terus menumbuhkan kreativitas dan keterampilan melalui pelatihan menulis. Kegiatan ini berlangsung di 7 Kota se-Indonesia. Mulai, Jakarta, Ternate, Bangka Belitung, Enrekang, Mataram, Monokwari dan Kota Kendari.

Wakil Ketua Pelaksana Writingthon Festival 2022 Brilliant Yotenega mengatakan, hal tersebut menjadi pendukung bagi pengembangan minat literasi masyarakat Indonesia. Hal terdebut dapat dimanfaatkan untuk mengeksplore beragam aspek. “Kami sangat senang dan tidak menyangka antusias para peserta dari seluruh kalangan benar-benar menyambut gembira pelatihan menulis ini,” katanya, Senin (15/8/2022).

Menurut pria yang akrab disapa Ega ini, pendirian komunitas ataupun kelompok baca dan sejenisnya menjadi bagian penting dalam menyebarluaskan budaya literasi. Terlebih jika hal tersebut berakar dari swadaya masyarakat itu sendiri yang sadar dan peka dengan perkembangan yang ada saat ini.

“Saya yakin, gerakan literasi di Kendari bisa terus meningkat dan maju. Dengan gerakan-gerakan kecil yang kami lakukan ini, semoga bisa menjadi riak yang terus bersambut,” bebernya.

Ia berharap, dengan pertumbuhan ekonomi yang perlahan mulai pulih dan bangkit. Juga bisa menjadi semangat bagi gerakan literasi, untuk membentuk karaktet bangsa yang kuat dan sejahtera. “Seluruh masyarakat memang harus ikut dan berpartisipasi dalam gerakan literasi. Dengan begitu, semoga bisa membuat gerak literasi semakin besar. Sehingga, secara tidak langsung juga berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, salah satu peserta Nurmaulita Hasriana mengatakan, pelatihan menulis menjadi hal penting. Apalagi, di era keterbukaan informasi seperti saat ini dimana kecakapan literasi masyarakat menjadi benteng dari penyebaran-penyebaran informasi yang tidak benar.

“Saya senang, sebagai pemula yang baru belajar menulis ini tentu menjadi bekal yang luar biasa untuk kita kedepannya. Kita juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi dan hal-hal baik yang mendukung kemajuan bagi diri sendiri dan juga bangsa kita,” jelasnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan