Peringati Harhubnas 2022, KSOP Kendari Bersihkan Sampah di Laut

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Peringati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 17 September 2022, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari beserta pekerja buruh Pelabuhan Bungkutoko melakukan aksi bersih-bersih sampah di laut. Kegiatan ini menyasar sejumlah titik di sekitaran Pelabuhan

Pantauan wartawan media ini, para pegawai dan buruh mengangkut sampah-sampah plastik yang berserakan di laut. Kepala KSOP Kendari, Letkol Marinir Agus Winarto, mengatakan aksi sebagai kepedulian untuk menjaga laut. Sekaligus menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang puncaknya diperingati 17 September 2022.

“Seperti kita liat bersama meskipun diguyur hujan, teman-teman dari seluruh stakeholder Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan beserta buruh, masih tetap semangat melakukan aksi bersih-bersih pantai dan laut ini,” ujar Agus Jumat (16/9/2022).

Terdapat beberpa titik lokasi pembersihan diantaranya, Pelabuhan Bungkutoko, Pelabuhan Nusantara, Jembatan Teluk Kendari, dan Jembatan Kuning dengan melibatkan berbagai instansi seperti Pelindo, TNI/Polri, PT Pelni, pegawai kelurahan, maupun perusahaan pelayaran.

Agus pun mengimbau seluruh masyarakat di sekitar pesisir agar meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan pantai dan laut. “Jangan membuang sampah sembarangan di laut, begitu juga dengan kapal-kapal nelayan maupun pelayaran agar menjaga kebersihan,” jelasnya.

Selain aksi bersih-bersih pantai, KSOP Kendari bersama dengan stakeholder terkait dilingkup Kementerian Perhubungan juga menggelar olahraga bersama dan pembagian jaket untuk nelayan di Kelurahan Abeli. Hal ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada nelayan.

Hari Perhubungan Nasional adalah hari jadi atau hari bakti dari setiap organisasi atau lembaga sektor perhubungan. Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ini didasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK. 274/G/1971 pada tanggal 26 Agustus 1971.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan